Atrk

BlackBerry Aurora vs Nokia 6, Duel Spek Mantan Raja Ponsel

  • Galing
  • Friday, 03 March 2017 19:20
  • Published in News

Nokia 6 Vs BB Images Data 2017 Maret Thumb Other400 0

Kembalinya dua vendor mantan raja ponsel dunia ke pentas global selain telah dinantikan oleh para penggemar masing-masing, ternyata juga membuat banyak vendor lain ikut was-was. Sama-sama mempunyai basis penggemar setia yang kuat di pasar tanah air, BlackBerry dan Nokia tentu tidak akan melewatkan momen demi meraih sebanyak mungkin penjualan dan mencetak keuntungan semaksimal mungkin.

Meski hingga saat ini ponsel Nokia belum menampakkan tanda-tanda kehadirannya di pasar domestik, namun besarnya animo calon pembeli di tanah air tentu tidak akan dilewatkan begitu saja oleh para distributor ponsel di dalam negeri. Sementara itu, BlackBerry yang telah menyerahkan lisensi mereknya kepada BB Merah Putih bahkan sudah melangkah lebih jauh dengan membuka pre-order di situs belanja tanah air.

Sama-sama mengusung platform Android, manakah yang lebih unggul dari keduanya? Simak komparasi spesifikasinya berikut.

Hardware

Bicara hardware yang dibawa, Nokia 6 mengungguli Aurora dengan dapur pacu Qualcomm Snapdragon 430 yang terdiri dari delapan inti berkecepatan 1,4GGHz. Sementara Aurora yang hanya dipersenjatai oleh chipset  Snapdragon 425 hanya mengusung empat inti prosesor pada kecepatan 1,4GHz.

Nokia 6 dijual dalam dua tipe yakni tipe 3GB RAM dengan memori internal 32GB dan tipe 4GB RAM dengan penyimpanan internal 64GB. Bagi pengguna yang berminat dengan ponsel Aurora, BlackBerry hanya menyediakan tipe RAM 4GB yang ditemani oleh ruang penyimpanan berkapsitas 32GB.

Bentang layar 5,5 inci milik Nokia 6 hadir dengan resolusi full HD yang mengusung kerapatan piksel sekitar 401ppi. Sedangkan Aurora yang datang dengan diagonal serupa hanya tersedia dalam resolusi HD 720p.

Beralih pada pasokan daya yang diberikan, kedua perangkat kompak mengusung baterai lithium ion dengan kapasitas sebesar 3.000mAh.

Kamera

BlackBerry Aurora menggunakan fasilitas fotografi berupa kamera dengan tingkat resolusi 13 megapiksel yang telah mendukung fitur dual LED flash dan autofokus. Pada bagian depan, pengguna dapat memanfaatkan kamera berukuran 8 megapiksel untuk menghasilkan foto selfie yang jernih dan tajam. Untuk mengabadikan video, kamera Aurora dapat merekam hingga resolusi HD 720p.

Berbeda dengan kamera milik Aurora, sensor kamera Nokia 6 diatas kertas lebih unggul dengan resolusi untuk bagian belakang mencapai 16 megapiksel. Fitur yang disuntikkan juga lebih kaya dengan hadirnya teknologi phase detection autofocus, HDR, dual LED dual tone flash dan lain sebagainya. Sedangkan untuk bagian depan telah terpasang sensor berkaliber 8 megapiksel dengan apperture senilai f/2.0. Kedua kameranya juga sanggup menghasilkan rekaman video dengan resolusi lebih tinggi pada tingkatan full HD 1080p.

Software

Menyasar segmen konsumen menengah, baik BlackBerry maupun Nokia sama-sama mempercayakan sistem operasi perangkat jagoannya masing-masing pada Android Nougat 7.0. Berdasarkan informasi yang didapatkan oleh perwakilan resmi Nokia saat ajang MWC di Barcelona, sistem Nougat yang akan disuntikkan pada Nokia 6 nantinya merupakan stock ROM yang tidak mendapatkan kustomisasi sama sekali. Istimewanya, Nokia 6 juga merupakan ponsel Android pertama selain Pixel yang sudah langsung dibekali oleh fitur Google Assistant.

Sedangkan bila menilik ponsel BlackBerry KeyOne yang juga mengusung platform Android Nougat, maka besar kemungkinan BlackBerry akan menyuntikkan beberapa aplikasi bawaan seperti BlackBerry Hub yang akan mengumpulkan seluruh aplikasi pesan SMS, pesan instan, email dan akun media sosial dalam satu tempat yang terintegrasi. Meski begitu ada kemungkinan tipe Android Nougat yang dibawa oleh Aurora kemungkinan bukanlah Android 7.1 melainkan Android 7.0.

Kesimpulan

Punya kesamaan dari sisi ukuran layar serta besaran RAM yang diusung, Nokia 6 dan BlackBerry Aurora tentu memiliki ciri khas masing-masing yang membedakan keduanya sebagai perangkat yang sama-sama mengusung platform Android. Kelebihan utama Nokia 6 terletak pada resolusi layar full HD, dan kamera pada kaliber 16 megapiksel di bagian belakang serta Google Assistant sebagai fitur bawaan perangkat.

Sementara bila menilik patokan harga jual, BlackBerry Aurora yang dibekali oleh RAM berkapasitas 4GB dibanderol lebih murah pada rentang harga 3,5 juta rupiah.  Sedangkan calon pembeli yang berminat mendapatkan perangkat Nokia 6 dengan RAM 4GB harus rela membayar lebih mahal. Harga 4,2 juta rupiah yang diumumkan pada ajang MWC 2017 lalu kemungkinan juga akan lebih mahal. Sebagai gambaran, Nokia 6 pernah muncul di toko online ternama dengan banderol Rp5 jutaan. Tapi itu bukan jalur resmi tentunya,. (*)

Rate this item
(0 votes)