pulsa-logo

Catatan MWC 2017: 8 Pengumuman Penting Nokia di Barcelona


Arief Burhanuddin

Jum'at, 03 Maret 2017 • 19:33

nokia, nokia 3, nokia 6, nokia 6 arte black, nokia 3310, game snake


 

Manuver Nokia di ajang Mobile World Congress 2017 Barcelona Spanyol cukup menyita perhatian. Selain tampil jadul dengan meluncurkan model Nokia 3310 (2017), HMD sebagai manufaktur Nokia juga memamerkan beberapa smartphone berbasis Android yaitu Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6 Arte Black. Rilis Nokia 6 versi global malah menjadi salah satu agenda penting di MWC 2017. Jika Anda ketinggalan beberapa update penting soal Nokia, jangan khawatir karena kami akan meresume-nya untuk Anda.

 

Nokia 3310

 

Seperti yang diharapkan banyak orang, Nokia membangkitkan kembali ponsel sejuta umatnya, Nokia 3310 dengan fitur-fitur yang diremajakan. Menggandeng layar QVGA 2,4 inci, 3310 hanya mampu berlari di jaringan 2G dan menjalankan sistem operasi Nokia S30+. Jadi memang ponsel ini dikhususkan untuk melakukan fungsi dasar yaitu SMS dan voice. Menggandeng memori internal sebesar 16GB yang dapat diekspansi dengan slot microSD, 3310 versi baru juga dilengkapi dengan baterai 1200mAh dan kamera utama sebesar 2 megapiksel. 



 

 

Nokia 6 Global Launch

 

Jika sebelumnya Nokia 6 sudah diumumkan terlebih dahulu di Cina, maka peresmiannya di MWC menandai kehadirannya secar global. Tak seperti versi Cina yang memiliki penyimpanan internal sebesar 64Gb dan RAM 4Gb. Versi globalnya disunat menjadi berkapasitas 32Gb dan RAM 3 GB. Direncanakan, Nokia 6 akan menyambangi pasar Asia Pasifik, Timur Tengah, Afrka, dan Eropa pada kuartal kedua tahun ini.

 

Soal spesifikiasi, Nokia 6 memiliki layar berdiagonal 5,5 ini dengan 2,5D Gorilla glass, bersistem oeprasi Android Nougat, dan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 430 dan mendukung slot microSD. Terdapat kamera utama sebesar 16megapiksel dan kamera depan 8 megapiksel. Fitur dual SIm disematkan bersamaan dengan bateria berkapasitas 3000mAh.

 

Nokia 6 Arte Black Special edition

 

Selain versi standar, Nokia 6 juga muncul dalam versi terbatas yang dinamai Nokia Arte Black Special edition. Model ini memiliki bodi glossy berwarna hitam pekat, hadir dengan ruang penyimpanan sebesar 64Gb dan RAM 4Gb. Selebihnya, fitur lainnya sama dengan nokia 6 standar.

 

 

Nokia 3 untuk segmen budget

 

Nokia 3 merupakan smartphone Nokia termurah yang ada di pasaran saat ini. Nokia 3 ditujukan bagi segmen yang menginginkan smartphone dengan desain oke namun dengan budget terbatas. Dijual seharga 139 euro (sekitar 2 jutaan), Nokia 3 hadir dengan bodi polikarbonat berbalut frame metal di tepinya. Smartphone berlayar 5 inci dengan resolusi HD ini berjalan menggunakan sistem oeprasi Android Nougat dan sokongan chipset MediaTek 6737 1,3GHz quad core, memori internal 16Gb, slot microSD, port microUSB 2.0, NFC, baterai berdaya 2650mAh, dan kamera sebesar 8 megapiksel di bagian depan dan belakang.

 

Nokia 5, smartphone compact

 

Nokia 5 diperkenalkan sebagai handset bagi konsumen yang menginginkan tampilak smartphone yang kompak. Diharga di angka 189 euro (sekitar 2,7 jutaan), Nokia 5 sudah dibekali dengan sensor sidik jari dan hadir dengan bentang layar 5,2 inci.

Berbekal chipset Snapdragon 430, RAM 2Gb, dan ruang simpan 16Gb, Nokia 5 menjalankan sistem operasi Android Nougat 7.0. Terdapat tambahan slot microSD bagi yang membutuhkan ruang tambahan. Kamera depan 8 megapiksel dan kamera belakang 13 megapiksel, cukup untuk mendokumentasikan berbagai momen keseharian Anda. Fitur lainnya adalah port microUSb, NFC, baterai 3000mAh dan dukungna koneksi 4G LTE.

 

 

Game Snake Hadir di Facebook Messenger

 

Jika Anda merasa agak aneh dengan Nokia 3310 versi baru namun ingin bernostalgia memainkan game Snake yang legendaris, jangan khawatir.

Snake kini tersedia di Facebook Messenger. Game kalsik ini di-remake lebih fresh dengan tampilan yang lebih berwarna. Untuk mengaksesnya, Anda bisa membuka aplikasi Facebook Messenger dan menemukannya di bawah tab Games.

 

 

Withings mengadopsi brand Nokia.

 

Withings, brand yang fokus pada peralatan kebugaran dan kesehatan yang diakusisi Nokia pada bulan Juni tahun lalu akan menggunakan Nokia pada berbagai produknya, diantaranya fitness tracker dan beberapa peranti sandang.

Jika Anda sudah lebih dulu memiliki produk Withings dan ternyata mengalami kerusakan, maka Anda dapat menukarnya dengan produk baru berlabel Nokia.

 

Kemitraan Nokia-Xiaomi

 

Nokia pada ajang MWC juga mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kesepakatan untuk memberikan Xiaomi jaringan fiber-optic yang akan menghubungkan tujuh pusat data perusahaan asal Finlandia tersebut di Beijing. Hal ini akan mengurangi kemacetan jaringan Xiaomi dan memberikan kecepatan yang lebih tinggi dan layanan Internet berlatency rendah untuk pelanggan serta menyediakan ‘private cloud’ bagi Xiaomi. @ariefburhan/ berbagai sumber

 

foto utama: pcworld.com