pulsa-logo

Layar OLED iPhone 8 akan Ditanam Sensor Sidik Jari


dian iskandar

Senin, 06 Maret 2017 • 18:20

Layar OLED iPhone 8 akan Ditanam Sensor Sidik Jari


ilustrasi, sumber: Appleinsiderilustrasi, sumber: Appleinsider

Apple dikabarkan telah “melirik”  beberapa perusahaan yang fokus mengembangkan teknologi peemindaian sidik jari  di smartphone. Beberapa di antaranya adalah Synaptics' Natural ID dan Qualcomm yang mengembangkan  Sense ID. Tapi menurut berita yang dirilis Digitimes, Apple  memutuskan untuk menggunakan algoritma AuthenTec garapan mereka  sendiri.

Authentec dikombinasikan dengan teknologi identifikasi  sidik jari di permukaan bahan kaca bernama Privaris, guna  mendesain ulang solusi pemindaian sidik jari  yang menggantikan  Touch ID generasi sebelumnya.

Informasi  yang diperoleh dari narasumber di Apple  menyebutkan bahwa  nantinya Apple akan berkerjasama dengan TSMC untuk fabrikasinya yang akan menggunakan teknologi proses 65nm. Dan produksi untuk OLED di iPhone generasi terbaru dikabarkan tidak mungkin lebih cepat dari bulan  September 2017. Hal ini dikarenakan Apple mendesain ulang  otentidikasi solusi ID sidik jari di layar OLED yang mereka buat tersebut.

Apple dikabarkan ingin memperkenalkan desain ulang solusi sidik jari di layar OLED ini  dari seri smartphone andalannya di pertengahan  2017. Selain penghapusan tombol home, model terbaru iPhone  tersebut akan menjadi iPhone pertama yang memiliki layar OLED.

Layar OLED  di iPhone generasi  mendatang tersebut juga akan menampilkan perangkat sensor sidik jari built-in, bukan teknologi sentuh kapasitif konvensional yang selama ini kita kenal, dan menggunakan sistem otentikasi biometrik seperti USG.

Apple diperkirakan akan tetap memasuki volume produksi iPhone yang dibekali dengan layar LED  di  dua iPhone baru lainnya,. Dan komponen LCD untuk iPhone generasi terbaru itu akan siap  pada bulan Juli 2017. (Nariswari)

Sumber: Digitimes