pulsa-logo

Samsung Galaxy S8 Terancam Tertunda?


dian iskandar

Senin, 06 Maret 2017 • 18:26

Samsung Galaxy S8 Terancam Tertunda?haga galaxy S8,fitur galaxy S8,spesifikasi Galaxy S8


salah sau bocoran gambar Galaxy S8salah sau bocoran gambar Galaxy S8

Di  event Mobile World Congress (MWC) 2017, Samsung mengumumkan pada publik  bahwa smartphone generasi terbaru mereka  yang masuk ke line-up Galaxy, yakni Samsung Galaxy S8 akan dirilis pada tanggal  29 Maret 2017. Melalui sebuah acara peluncuran eksklusif yang akan diselenggarakan oleh Samsung. Namun berselang beberapa  hari setelah pengumuman tersebut, berhembus kabar mengejutkan bahwa Samsung Galaxy S8 bakal terancam tertunda. Waduh apa penyebabnya gerangan?

Seperti dilansir dari Androidheadlines, ini tidak lain disebabkan oleh keputusan Samsung untuk menggunakan processor generasi terbaru yang diproduksi dari teknologi 10nm. Chip 10nm dikabarkan tidak dapat memenuhi permintaan dan target yang ditetapkan oleh Samsung. Sekadar informasi, meski fabrikasi chip yang menggunakan teknologi 10nm FinFET ini dapat digenjot hingga tingkat maksimal sekalipun namun jumlahnya hanya akan menyumbang sebanyak 10 persen dari total pengiriman smartphone selama kuartal kedua tahun 2017.

Informasi ini mulai diketahui sejak  awal minggu ini, merujuk dari informasi yang disampaikan oleh seorang nara sumber di rantai pasokan komponen Samsung. Narasumber di industri itu secara khusus menyebutkan bahwa besar kemungkinan peluncuran  Samsung Galaxy S8 akan mengalami  penundaan karena  terkendala masalah pasokan processor yang diproduksi 10nm.

Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus akan diperkenalkan  dalam dua varian yang berbeda.  Model pertama akan  menjalankan processor Qualcomm Snapdragon 835 SoC dan model yang satunya akan  menjalankan processor besutan Samsung yakni  Exynos 8895 SoC. Namun, kedua jenis processor SoC tersebut sama-sama  dibangun melalui  proses 10nm.  Dan kemungkinan akan mempengaruhi produksi kedua model.

Meskipun Samsung Galaxy S8 sepertinya tidak sendirian yang akan mengalami “nasib” penundaaan tersebut, seperti halnya  iPhone generasi berikutnya juga dikabarkan akan menggunakan  chip 10nm.

Meskipun tidak memberikan rincian spesifik terkait ancaman penundaan tersebut, namun narasumber anonim tersebut   menyebutkan  bahwa smartphone generasi terbaru yang menjalankan processor  MediaTek Helio X30 juga akan  ditunda sampai kuartal kedua 2017.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa  saat ini  Samsung tengah berupaya menjadwal ulang  rilis Galaxy S8, yang menurut rencana semula akan diperkenalkan pada 29 Maret. Namun tidak jelas apakah penundaan ini  sebenarnya menunjukkan bahwa Samsung sudah mengetahui  adanya kendala ini pada saat memproduksi Galaxy S8, sehingga mereka tidak memperkenalkannya dalam ajang MWC 2017 seperti yang pada mulanya banyak dinantikan oleh banyak pihak.


SoC dengan fabrikasi 10 nm pertama di dunia ini akan mengadopsi struktur 3D Advanced Transistor, di mana nantinya efisiensi dan performanya akan meningkat dibandingkan chip yang diproduksi sebelumnya. Processor  baru ini akan memberikan peningkatan performa hingga 27% dan juga penghematan daya hingga 40% bila dibandingkan dengan chip 14 nm. Namun produksi processor 10nm jauh lebih rumit dibandingkan 14nm.  (Nariswari)

Sumber: Androidheadlines