pulsa-logo

Xiaomi Latah Bikin Layanan AI


dian iskandar

Selasa, 07 Maret 2017 • 12:01

Xiaomi Latah Bikin Layanan AI,SIRI,Google Assistant,Cortana


Dalam konferensi pers  yang digelar Jumat (3/3) di Beijing,  CEO Xiaomi , Lei Junmengungkapkan ke media tentangrencanabesarnya untuk merilis produk Xiaomi generasi terbaru  yang dibekali dengan kecerdasan buatan (Artificial Intellegence / AI).

Dilansir dari Gizchina selama konfrensi pers tersebut,  bos Xiaomi berbicara tentang tujuan utama dari perusahaannya yang meliputi percepatan pengembangan teknologikecerdasan buatan, dan upaya yang dilakukan oleh Xiaomi untuk mewujudkan teknologi AI tersebut untuk sebuah trend baru di Cina.  Beliau juga mengatakan bahwa Xiaomi akan  menjadwalkan peluncuranproduk  yang berbasis AI tersebut hingga kepasar global, tidak hanya di Cina saja.

AI (Artificial Intelligence) adalah teknologi yang mengembangkan computer supaya dapat bekerja dan berpikir serta mengambil keputusan seperti layaknya manusia. TeknologiAIsebelumnya telah lebih dulu dikembangkan oleh Google denganGoogle Asistant, Apple dengan SIRI  dan Amazon yang mengembangkan Alexa. Kini Xiaomi berniat mengembangkan produk AI yang diklaim agak mirip dengan SIRI.

Untuk mempercepat pengembangan AI,  Xiaomi berencana untuk meningkatkanteknologi tersebut dengan membentuktim pengembangan produk AI. Dengan pernyataan resmi dari bos Xiaomi tersebut sehingga kita bisa berharap untuk menjumpai asisten pribadi berbasis MIUI dalam waktu dekat.

Lei Jun juga berkomentar bahwa ia percayabahwa perangkat computer atauPC akan perlahan sepenuhnya tergantikan perannya oleh smartphone hanya dalamkurun waktu 3-5 tahun kedepan. Dan Lei Jun juga mengatakan bahwa beberapa tahun ke depan bahwa teknologi AI akan menjadi teknologi yang sangat umum dan sangat berguna yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Sayangnya, Lei Jun tidak merinci apa saja fitur yang akan disematkan oleh Xiaomi keproduk AI garapannya tersebut, dan apa kesamaannya dengan SIRI garapan Apple. (Nariswari)

Sumber:  Gizchina