pulsa-logo

Jual Tiket Secara Online Target PT KAI Naik 10%


Galing

Rabu, 08 Maret 2017 • 22:58

jadwal kereta api di indonesia, Jual Tiket Online, jadwal tiket mudik 2017, stasiun kereta api


Guna memangkas panjangnya antrian pembelian tiket kereta api di loket-loket stasiun kereta api yang terjadi pada peak season (musim sibuk) seperti saat arus mudik dan liburan akhir tahun, PT. KAI secara konsisten akan terus menggenjot penjualan tiket kereta api lewat channel external dengan menjalin kerjasama dengan agen perjalanan swasta yang ada di tanah air. Berdasarkan data hingga akhir tahun 2017, 60% penjualan tiket kereta api oleh PT. KAI kini telah dilakukan melalui channel external.

Berbicara mengenai target PT. KAI pada tahun 2017, Corporate Deputy Director of Passenger Transport Marketing and Sales KAI, Mukti Jauhari mengatakan, “Kami punya target kira-kira tahun ini naik 10% dari tahun lalu. Penumpang kita ditarget 72 juta penumpang dalam satu tahun (yakni sepanjang 2017-red) dan itu 60% kami serahkan kepada agen eksternal di tahun lalu. Dan kita punya program juga semakin lama loket kami di stasiun akan semakin habis. Kami akan lempar semua ke partner kami maupun juga web kami yang menjual tiket.”

Pengalihan penjualan tiket dari loket ke jalur online ini sekaligus merupakan upaya PT. KAI untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dengan memotong waktu antrian serta mewujudkan sistem penjualan secara nontunai atau cashless dengan target sekitar 90% yang akan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2019 mendatang.

Berkaitan dengan pemesanan tiket yang terintegrasi dengan e-KTP, PT. KAI juga telah memulai pembicaraan dengan Dukcapil (Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil-red) yang akan memungkinkan identitas pemesan tiket dapat dilakukan cukup dengan melakukan scan e-KTP. Sementara untuk waktu realisasinya kemungkinan baru akan dapat dilakukan pada awal tahun 2018 nanti.