pulsa-logo

'Copy Less', Satu dari 3 Fitur Kunci Android O


Arief Burhanuddin

Kamis, 09 Maret 2017 • 17:21

copy less, android o, android, versi android, gesture, google map, gboard


Google tampaknya sedang mencoba untuk menyempurnakan platform mobilenya agar lebih nyaman digunakan. Raksasa mesin pencarian ini dikabarkan sedang mengerjakan beberapa fitur bantu yang kemungkinan kuat akan diterapkan di versi platform mobile selanjutnya, Android O.

 

Info ini sekaligus juga mengungkapkan bahwa Google sedang mengerjakan sebuah fitur berbasis kecerdasan buatan untuk membuat hidup penggunanya menjadi lebih mudah. Diduga, mereka juga fokus pada fungsi gestur (gerak anggota tubuh)untuk membantu pengguna menjalankan fungsi di smartphonenya dengan lebih cepat dan mudah. 

 

 

Fitur 'Copy Less'

 


Sumber yang dekat dengan Google menyatakan bahwa mereka sedang membangun sebuah fitur yang disebut 'Copy Less' yang mempermudah pemindahan informasi dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Dengan fitur ini, Google mengklaim bahwa pengguna tak akan sering-sering mempergunakan fungsi kopi paste lagi 

 

Misalnya, jika Anda sedang melakukan chatting soal pilihan restoran yang enak di sekitar Anda bersama teman Anda dan Anda kebetulan menemukan pilihan yang tepat dalam aplikasi Yelp (aplikasi pencarian tempat makan di Android), Anda tak perlu susah payah menuliskannya kembali di aplikasi messaging, namun cukup dengan menulis kata "It's at" dan keyboard Gboard akan memberikan Anda alamat restoran tersebut sebagai saran. Saat ini tidak jelas apakah fitur ini akan ditambahkan ke Android sendiri atau sebagai tambahan fitur di keyboard Gboard.

 

Berbagi jadi Lebih Mudah

 

Proyek lain yang hendak ditambahkan di platform Android selanjutnya adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih banyak hal di aplikasi messaging. Dengan fitur ini, platform mobile akan mampu mengenali jika Anda tengah berbagi, mengatakan sesuatu, bahkan mengenali alamat dalam pesan dan memungkinkan pengguna untuk membuka alamat di aplikasi yang relevan seperti Google Maps. Saat ini belum jelas apakah fitur ini akan ditambahkan hanya untuk aplikasi messaging di Android atau bekerja di aplikasi messaging lainnya.

 

Google juga menjanjikan kegiatan berbagi informasi yang lebih mudah melalui keyboard Gboardnya. Di sisi lain, mereka juga akan memperbaharuio Gmail versi web yang memungkinkan pengguna untuk menandai sebuah peristiwa di kalender jika di bodi email menyebutkan tanggal dan waktu tertentu.

 

Gestur

Yang terakhir,-meski bukan sebuah fitur yang benar-benar baru-, Google akan menambahkan fungsi gesture untuk membuka aplikasi atau menjalankan sebuah fungsi di Andriod. HAl ini bukanlah sebuah penemuan yang benar-benar baru mengingat beberapa produsen smartphone juga sudah menambahkan fitur ini ke dalam perangkatnya. 

 

Google tampaknya ingin terus kompetitif di tengah persaingannya dnegan iOS. Apakah ketiga fitur baru ini akan terealisasi secepatnya? Kita tunggu saja di pergelaran Google I/0 bulan Mei mendatang.

 

Sumber: NDTV

Foto: gadget gaming