pulsa-logo

Beta Kelima dari iOS 10.3 Hadirkan Banyak Fitur Baru


Arief Burhanuddin

Jum'at, 10 Maret 2017 • 09:13

ios, apple, iphone, ipad


Apple hari ini meluncurkan versi beta ke 5 dari sistem operasi terbarunya, iOS 10.3. Beberapa jam lalu versi beta terakhir ini masih ditujukan untuk para pengembang, namun informasi terbaru menyatakan bahwa versibeta 5 dari iOs 10.3 ini juga bisa diakses oleh publik.

 

Beta kelima ini hadir kurang lebih satu minggu setelah beta keempat dirilis, dan berjarak hampir tiga bulan setelah rilis iOS 10.2.

 

Pengembang yang dudah melakukan registrasi dapat men-download beta iOS 10.3 ini dari Apple Developer Center atau melalui OTA.

 

iOS 10.3 Beta


 

iOS 10.3 sendiri diyakini merupakan update mayor atau update besar, karena memperkenalkan berbagai fitur baru yang mengubah sistem operasi iOS 10 secara keseluruhan. Fitur terbaru yang banyak dibahasa adalah "Find My AirPods" yang didesain untuk membantu konsumen yang lupa meletakkan AirPodsnya.

 

Update terbaru Apple juga memperkenalkan Apple File System (APFS) baru, yang langung terinstal saat pengguna menerima pembaharuan untuk iOS 10,3. APFS berguna untuk mengoptimalkan flash atau penyimpanan SSD dan memiliki enkripsi yang lebih kuat.

 

Selanjutnya, Apple juga berencana untuk memperkenalkan beberapa perubahan App Store di iOS 10.3 yang memungkinkan pengembang untuk menanggapi ulasan pelanggan. Pengguna iOS juga dapat melabeli ulasan di App Store dengan tanda "bermanfaat" atau "tidak Bermanfaat." Hal ioni akan membantu Apple untuk menampilkan konten ulasan yang paling relevan.

 

Apple juga berencana untuk mempermudah pengguna untuk dapat menulis ulasan aplikasi tanpa keluar dari aplikasi itu sendiri, dan menyediakan "master switch" yang akan memberikan pilihan  bagi pengguna mematikan semua permintaan untuk mengulas aplikasi.

 

Hal yang baru lainnya di iOS 10.3 adalah desain ulang animasi buka / tutup yang ada di aplikasi, profil ID Apple di Settings, kinerja penyimpanan iCloud yang lebih efisien, peringatan tentang aplikasi usang yang tidak akan bekerja dengan versi baru dari iOS, dukungan HomeKit untuk pemrograman switch lampu, pengayaan fitur Sirikit (seperti pembayaran tagihan, status tagihan, dan penjadwalan perjalanan), perbaikan antarmuka CarPlay, opsi analitik iCloud dan banyak lagi.

 

sumber: macrumor