pulsa-logo

Mikrofon Google Pixel Bermasalah


Arief Burhanuddin

Jum'at, 10 Maret 2017 • 09:53

google, google pixel, masalah mikrofon google pixel, halo efect google pixel


Sejak awal lahirnya Google Pixel dan Pixel XL, Google memiliki harapan besar bahwa smartphone perdana yang  dibuat oleh Google sendiri ini membawa kepercayaan diri yang cukup besar bagi Google. Sekaligus membantu Google untuk mengurangi dependensi dan ketergantungan pada  pabrikan smartphone  lain dalam menggarap smartphone, seperti yang selama ini dilakukannya dengan menggarap Nexus yang masih melibatkan merek lain dalam proses produksinya. 

 

Namun sejak bulan Oktober 2016, muncul beberapa ulasan negatif  tentang Google Pixel dan Pixel XL. 

 

Jika sebelumnya Google “kebanjiran” keluhan perihal efek halo di kamera Google Pixel dan Pixel XL di mana penggunanya mengeluhkan bahwa di saat mereka melakukan pemotretan menggunakan kamera belakang, terlihat garis-garis merah jambu (pink)  yang mengganggu.

 

Kini sebuah kabar terbaru yang dilansir dari GSM Arena disebutkan bahwa kini Google sedang dipusingkan  karena menerima banyak  keluhan baru yang terkait dengan mikrofonnya.


  

Banyak pengguna  yang mencurahkan unek-unek dan keluhannya di Forum Google Support  tentang mikrofon di Google Pixel dan Pixel XL yang mengalami “kecacatan”  sehingga  masalah ini  menyebabkan blok input audio total pada panggilan atau saat merekam video dengan aplikasi  kamera.  Jadi seperti rekaman video bisu.

 

Menurut rincian panjang yang dijelaskan  oleh karyawan Google, kedua ponsel  garapan Google  tersebut memiliki standar  kecacatan fisik di mikrofon, dengan 1:3. Jelas ini adalah masalah yang sangat serius. 

Menurutnya, hal ini juga dapat terjadi  karena  masalah dengan retakan di solder komponen mikrofon  yang  masuk ke mainframe dari  komponen  di smartphone  Pixel tersebut.

 

Google sendiri  sejauh ini  telah  menawarkan unit  pengganti untuk semua perangkat  yang memiliki  masalah dengan mikrofon  di unit Google Pixel dan Pixel XL milik mereka.

  

Beberapa pengguna Google Pixel dan Pixel XL berusaha untuk memperbaiki sendiri masalah tersebut dengan  cara tertentu. Beberapa pengguna berhasil  mengaktifkan  mikrofon mereka  dengan mengeringkan komponen bagian dalam smartphone dengan hairdryer / pengering rambut. (Nariswari)