pulsa-logo

Mau Tahu Cara Siri Mempelajari Bahasa Baru?


dian iskandar

Senin, 13 Maret 2017 • 17:19

Mau Tahu Cara Siri ‘Mempelajari’ Bahasa Baru?


Sejak diperkenalkan pertama kali tanggal 4 Oktober 2011, Siri  yang merupakan asisten pribadi besutan Apple, yang dihadirkan di perangkat iOS, watchOS, tvOS, dan macOS, kini terus berkembang dan tumbuh makin cerdas.

Dengan mendukung lebih banyak bahasa dari hari ke hari. Bahkan Siri  memiliki bahasa pengantar jauh lebih banyak dibandingkan pesaingnya, yakni Google Assistant, Microsoft Cortana dan Amazon Alexa. Lalu bagaimana proses Siri dalam “mempelajari” dan menambah bahasa baru, hingga akhirnya termasuk di dalam bahasa pengantar  yang digunakan di Siri. Dari penuturan Alex Acero (Kepala tim bahasa di Siri), kita setidaknya akan diberikan gambaran seperti apa proses pembelajaran dan penambahan bahasa pengantar baru di Siri.

Seperti dilansir Reuters,  Alex Acero mengatakan bahwa  saat ini  Siri telah  mendukung 24 bahasa di 36 negara di dunia. Jumlah ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan dukungan bahasa pengantar dari pesaingnya  yang bahkan kurang dari separo-nya.

Perlu Anda tahu, Microsoft Cortana hingga saat ini  hanya mendukung 8 bahasa di 13 negara. Google Assistant yang diklaim sudah mengadopsi teknologi AI hanya mendukung 4 bahasa  saja. Sedangkan Alexa dari Amazon hanya mendukung 2 bahasa yakni Inggris dan Jerman.

Ada yang menarik,  saat  disebutkan bahwa Siri dalam waktu dekat akan manambahkan dukungan bahasa Shanghai dengan dialek Wu Chinese. Dan dukungan bahasa baru di Siri ini akan dihadirkan  oleh  Apple di pembaruan  iOS 10.3 dan macOS 10.12.4.

Lalu bagaimana rupanya  proses awal Siri mempelajari bahasa yang baru?

Acero menjelaskan bahwa proses pembelajaran bahasa baru Siri dimulai  saat tim Siri di Apple  menghadirkan orang (native speaker) dan memintanya membaca beberapa kalimat dalam berbagai aksen dan dialek, yang  kemudian direkam dan ditulis dengan tangan oleh orang lain sehingga komputer bisa merepresentasikan kata atau teks yang dibaca.  Sistem pembelajaran Siri dilengkapi dengan perekam beragam bunyi dan suara lain yang berguna dalam memprediksikan urutan kata, jenis bahasa, dan arti dari tiap kata.  


Metode inilah yang menjadi landasan dari diciptakannya fitur diktasi. Fitur diktasi ini dapat Anda jumpai di Siri  yang ditandai dengan ikon mikrofon. Fitur ini akan mengambil rekaman audio yang diucapkan pengguna. Teknologi audio di Siri akan secara cerdas  meminimalisir kesalahan dan noise, sehingga secara akurat dapat mengenali jenis kata yang diucapkan oleh pengguna.  Setelah pengenalan kata akurat, Siri kemudian merilis jawaban paling umum untuk pengguna.

Apple mengatakan, bahwa mereka akan terus melakukan update berkala tiap dua minggu sekali untuk Siri, dengan menambahkan sebagai referensi kata-kata dan kosakata baru, sehingga Siri semakin cerdas dan dapat melayani kebutuhan pengguna dengan lebih maksimal. (Nariswari)

Sumber: Reuters