pulsa-logo

Tidak untuk Ditiru! Ini Video Penyiksaan Nokia 6


dian iskandar

Rabu, 15 Maret 2017 • 08:51

Tidak untuk Ditiru! Ini Video ‘Penyiksaan’ Nokia 6,review nokia 6,spesifikasi nokia 6,harga nokia 6


Diresmikan akhir pekan lalu oleh HMD, Nokia 6  kini tersedia melalui JD.com  yang  merupakan laman belanja online asal Cina. Smartphone  yang dibanderol dengan harga 245 dolar AS (setara  dengan Rp. 3,3 jutaan) ini sedianya telah diperkenalkan  pada 19 Januarilalu.

Sejak itu, tidak banyak rincian spesifikasi apasaja  yang akan dibenamkan oleh HMD  menyangkut perlindunganperangkat, seperti misalnya perlindungan anti gores di layar (seperti kebanyakan smartphone yang menggunakan Corning Gorilla Glass), dibekali juga sertifikasi ketahanan lainnya. Ini kemudian membuat penasaran pecina gadget mengenai seberapa tangguh Nokia 6.  

Seperti dilansir dari GSMArena, sebuah pengujian terbaru yang dilakukan oleh  reviewer gadget JerryRigEverything yang mengunggah sebuah video terbarunya ke YouTube yang mengupas ketahanan fisik Nokia 6.  Di video berdurasi 4:37 menit tersebut, Nokia 6 benar-benar mengalami beragam pengujian mulai dari scretch (pengujian dengan menggores-gores layar menggunakan benda tajam), bend test (pengujian fisik smartphone dengan membengkokan bodi smartphone), dan burn (seperti namanya, pengujian ini mengukur ketahanan fisik smartphone saat dibakar atau menerima suhu panas tertentu).

Semua hal ini terungkap dalam video yang diungkap oleh JerryRig Everything. Dimulai dengan menggores-gores  bagian lensa kamera dengan menggunakan cutter. Yang tentu meninggalkan luka gores cukup dalam. Lalu menggores-gores bagian layar depan smartphone dengan obeng yang  juga meninggalkan baret yang cukup parah. “Siksaan” itu tetap berlanjut dengan menggoreskan  cutter kebagian bodi belakang  Nokia 6  yang menyisakan luka gores putih yang sangat nyata. Cutter pun digunakan untuk menggores bagian lampu LED yang  menyisakan luka baret parah.

Test berikutnya adalah burn test.  Menggunakan zippo (korek/ pemantik  gas)  yang membakar sebagian layar depan Nokia 6 dan asyiknya, tidak menyisakan luka bakar atau bidang hitam di layar. Layar tetap utuh, dan tetap bisa digunakan seperti biasa.

Sementara untuk bend test, penguji berusaha untuk membengkokkan bodi Nokia 6 dengan tangan, baik dari posisi menelungkup atau terlentang. Dan  kekuatan membengkokan bodi Nokia 6  ini diperkirakan mendekati kemungkinan jika smartphone tersebut mendapat tekanan di saat tanpa sengaja terduduki.  Dan hasilnya , Nokia 6 tetap baik-baik saja.

Dari serangkaian pengujian ini,  terbukti bahwa Nokia 6 paling lemah di pengujian scratch test. (Nariswari)


Sumber: GSMArena