pulsa-logo

Internet Ngedrop Bukan Hanya Salah Operator


Arief Burhanuddin

Jum'at, 17 Maret 2017 • 09:48


Banyak pengguna smartphone yang berpikir jika terjadi gangguan pada internet mobile, maka yang bertanggung jawab sepenuhnya adalah operator. 

 

Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, mengingat ada komponen handset yang juga bertanggung jawab atas konektivitas data yaitu chip modem yang terdapat dalam SoC (system on chip) handset. Mungkin masih sedikit orang mengetahui mengenai pentingnya benda kecil ini – bagian esensial yang menghubungkan ponsel pintar kita dengan dunia luar. 

 

Dari data GFK tahun 2016, dari 10 aplikasi smartphone terpopuler di Indonesia, kesemuanya memerlukan koneksi internet agar dapat beroperasi normal. Aplikasi seperti BBM, WhatsApp, Facebook, Instagram, Maps, Gmail dan LINE jelas membutuhkan koneksi data. 

Nah, disinilah peran penting chip modem dalam sebuah smartphone. Jika jaringan sudah mumpuni namun kualitas chip modem yang tertanam di smartphone tidak mendukung, akan memberikan pengalaman buruk bagi pengguna.

 


Salah satu nama besar dalam industri chipset smartphone yaitu Qualcomm mengamini hal tersebut.

 

Dalam acara kolaborasi Qualcomm dengan Telkomsel dan Asus di pertengahan bulan Maret, Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia mengatakan, "Selama ini jika ada gangguan komunikasi seperti terhambatnya kecepatan internet dan drop call (percakapan gagal), persepsi pengguna selalu berasal dari networknya. Padahal, modem di dalam smartphone juga berperan penting untuk menghubungkan data dari perangkat ke BTS," 

 

 “Kami ingin memastikan bahwa para pengguna dapat menikmati pengalaman terbaik yang bisa ditawarkan oleh jaringan ini. Selain mempersembahkan rangkaian solusi modem, kami juga akan terus bekerjasama dengan mitra lokal untuk membawa solusi konektivitas yang lebih baik dan lebih cepat ke ekosistem mobile di Indonesia, yang memiliki potensi yang sangat besar” Lanjutnya.

 

Dua Tipe Modem

 

Dalam kesempatan yang sama, Shannedy juga menjelaskan bahwa Qualcomm yang merupakan salah satu pemasok modem smartphone besar di dunia memiliki dua model bisnis modem.

 

Yang pertama, modem Qualcomm disematkan ke dalam SoC (System on Chip) milik Qualcom yaitu Snapdragon. Chip modem tersebut berjajar dengan chip-chip lainnya semisal chip multimedia, GPU, CPU dan chip lainnya dalam satu sistem. Model kedua, modem Qualcomm disematkan dalam SoC non Snapdragon (bukan buatan Qualcomm). (Ariefburhan)