pulsa-logo

Samsung Pay di Galaxy S8 akan Gunakan Otentifikasi Berlapis


dian iskandar

Jum'at, 17 Maret 2017 • 13:55

Samsung Pay di Galaxy S8 akan Gunakan Otentifikasi Berlapis


ilustrasi, sumber; Samsung Tomorrowilustrasi, sumber; Samsung Tomorrow

Pembayaran mobile kini selama lebih dari beberapa tahun perlahan-lahan menjadi trend. Selain alasan praktis, pembayaran mobile juga dianggap menjadi solusi alternatif yang modern dalam bertransaksi. Beberapa vendor  sudah beberapa tahun yang lalu mengenalkan pembayaran  mobile ini ke konsumen. Sebut saja  Apple Pay, Android Pay, Samsung Pay, dan yang terbaru adalah LG Pay.

Namun,  teknologi ini masih belum sepenuhnya dipercaya oleh pengguna. Terutama bagi mereka yang masih mempertimbangkan segi keamanan dan data pengguna. Di sinilah amat dibutuhkan sistem otentifikasi yang benar-benar bisa meyakinkan konsumen bahwa pembayaran mobile tersebut aman.

Kekhawatiran ini cukup beralasan, mengingat beberapa waktu yang lalu otentifikasi  scan sidik jari untuk mengotorisasi pembayaran, berhasil dibobol oleh  hacker. Peretas berhasil melakukanspoofing dan “membodohi”scanner sidik jari di perangkat smartphone.

Namun, berdasarkan informasi yang dilansir dari  Phonearena, beredar rumor bahwa Samsung akan menerapkan  teknologi otentifikasi berlapis di pembayaran mobile-nya mulai dari otentifikasipengenalan wajah dengan Galaxy S8, selain denganscanner iris, dan scanner sidik jari.

Langkah Samsung untuk meningkatkan otentifikasi dan kemananan di layanan pembayaran mobile ini mulai berhembus sejak bulan lalu. Setelah terdengar  kabar bahwa Apple membeli sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pengembangan teknologi scanning wajah. Dan bukan tidak mungkin, Apple Pay akan jauh lebih banyak menjaring pengguna  dibandingkan dengan Samsung Pay. Jelas ini adalah ancaman bagi Samsung.

Menurut kabar yang diperoleh dari Bloomberg, Samsung sedang mempersiapkan sistem pembayaran mobile dengan otentifikasi berlapis yangsangat khusus untuk pengguna Samsung Pay di smartphone Samsung Galaxy S8.

Samsung Galaxy S8 akan memanfaatkan pemindai sidik jari, scanner iris, dan pengenalan wajah berteknologi baru. Menurut sumber, Samsung berniat untuk menggunakan kombinasi atau gabungandari ketiga scanner  tersebut untuk mengotorisasi sistem pembayaran melalui Samsung Pay. Ini adalah cara yang cerdas dan aman untuk menjamin otentifikasi data pengguna. Samsung mengatakan bahwa  mereka  bekerja sama dengan bank untuk membantu mengenali  sistem pengenalan wajah  berteknologi baru yang dijalankan oleh Samsung. (Nariswari)


Sumber: Phonearena

 

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44