pulsa-logo

Bocoran Hasil Benchmark Samsung Galaxy S8 Plus Versi Exynos vs Snapdragon 835


dian iskandar

Jum'at, 17 Maret 2017 • 19:09

Bocoran Hasil Benchmark Samsung Galaxy S8 Plus Versi Exynos vs Snapdragon 835


Hasil benchmark pertama varian internasional Galaxy S8 + baru saja terungkap lewat database Geekbench. Kemungkinan ini juga mungkin benchmark pertama yang terungkap dengan chipset Exynos 8895, dan hasilnya tentu menjanjikan.

Jika dibandingkan dengan bocoran hasil benchmark antara S8 + untuk pasar ASyang menggunakan Snapdragon 835 dan versi internasional dengan Exynos 8895, skor Exynos lebih baik pada kedua tes single-core dan multi-core, dengan skor 1978 (single core) dan 6375 (multicore) sedangkan nilai masing-masing untuk Snapdragon 835 adalah 1929 (single core) dan 6084 (multi core). Jadi hanya terpaut sedikit. Ini tidak terlalu mebgejutkan, sebab chip Exynos secara konsisten mengalahkan Snapdragon.

Namun, ketika melihat dari spesifikasi masing-masing chipset, barulah terlihat perbedaannya. Snapdragon 835 ini rendah daya menjalankan CPU yang lebih tinggi daripada 8895, kinerja single-core sedikit lebih baik di beberapa area. Namun, Chip Qualcommmemilikilatensi memori yang sangat tinggi di kedua tes,single maupun multi-core, yang cukup memberi dampak pada kinerja.

Jika dibandingkan dengan Galaxy S7 ketika pertama kali bocor, chipset Exynos 8895 tetap unggul jika dibandingkan dengan Exynos 8890, tapi itu hanya untuk hasilmulti-core.Pengguna mungkin tidak akan melihat banyak perbedaan dalam kinerja antara S8 + dengan pendahulunya.

Hasil single-core pun ternyata masih lebih baik Exynos 8890, meskipun, diakui, perbedaannya kecil. Namun, untuk pemakaian rutin, kecepatan single-core jauh lebih penting, karena kebanyakan aplikasi Android tidak begitu mengandalkan multithreading, dan juga bisa berjalan lebih lambat, core CPU berdaya rendah tidak mementingkan hasil kinerja multi- core yang lebih baik. (*)

Sumber: Phonearena