Weekend Gaming: The Legend of ZELDA- Breath of the Wild (Switch)

Review akhir minggu ini akan membahas sebuah game yang diluncurkan tanggal 3 Maret 2017 lalu, bersama dengan peluncuran konsol anyar Nintendo Switch. Perlu diingat bahwa pemilik Wii U pun sudah dapat memainkan game ini sekitar sebulan sebelum peluncuran versi Switch. Sejumlah review positif hadir dari sejumlah gamer dan PULSA tak sabar untuk ikut memberikan opininya untuk Anda.

Review kali ini memang agak terlambat dari seharusnya karena PULSA harus menunggu unit Nintendo Switch nya terlebih dahulu. Tanpa banyak basa-basi kita mulai dari pembahasan story telling.

Story

Serial the Legend of ZELDA sudah terkenal akan jalan ceritanya yang menarik. Dimulai dari jaman grafis yang cupu sekalipun, orang akan bermain ZELDA karena Story dan gameplaynya. Lalu bagaimana dengan Breath of the Wild? Ciamik. Tanpa perlu melakukan spoiler kepada Anda, PULSA bisa meyakinkan bahwa jalan cerita di game ini bisa dikatakan baik. Meskipun belum sesempurna yang dibayangkan. Namun, khas game buatan Jepang lain, story yang diperlihatkan dan dituturkan begitu detil. Tanpa ada yang perlu terlihat tergesa-gesa.

Zelda 2 Images Data 2017 Maret Thumb Other400 0

Kembali kita akan menjalankan game ini sebagai sosok pahlawan bernama Link. Dimana Link terbangun dalam kondisi yang sama sekali tidak tahu apa-apa di Shrine of ressurection. Dari sini kita bisa mempelajari pentingnya sebuah gadget yang ia temukan di tempat ini, yakni Sheikah Slate.

Link akan keluar dari shrine ini dan menemukan dirinya ada di sebuah tempat di tengah-tengah sebuah dataran tinggi yang disebut Great Plateau. Merupakan cikal bakal dari kerajaan Hyrule. Tahap demi tahap kita dan Link akan mempelajari bagaimana bertahan hidup dan menentukan target demi target untuk menyelesaikan semua misi yang ada.

Zelda 1 Images Data 2017 Maret Thumb Other400 0

Gameplay

Saat kita memulai game, hampir tidak ada bocoran cerita apapun. Pemain akan diajak mempelajari dirinya sendiri dan lingkungan sekitar melalui rasa keingintahuan kita. Ketika pemain mulai mencoba sesuatu untuk pertama kalinya, barulah sistem akan memberikan tutorial singkat. keren.

Zelda 4 Images Data 2017 Maret Thumb Other400 0

Masa lalu pencipta Zelda tergambar jelas dalam detail game yang terlihat. Semisal kehadiran kumbang di pohon, tupai yang tiba-tiba turun dari pohon berlari ke semak. Shigeru Miyamoto pernah menyampaikan dalam sebuah wawancara bahwa Zelda diciptakan dalam gambaran dirinya sebagai seorang anak kecil Jepang yang tengah mencari kumbang di sebuah musim panas. Ada kesan seperti itu yang dapat dirasakan oleh pemain.

Dibuat dalam bentuk open world, alias kita bisa berjalan kemanapun kita mau tanpa harus terikat oleh jalan cerita, bukan berarti menghilangkan esensi dari the Legend of Zelda nya sendiri. Dungeron penuh teka-teki misalnya, tetap akan menjadi salah satu gameplay utama. Menariknya, seperti game open world buatan Ubisoft, kita harus menemukan tower-tower khusus untuk membuka peta dari suatu wilayah.

Zelda 3 Images Data 2017 Maret Thumb Other400 0

Sejumlah persenjataan yang ditemukan dalam berpetualang memiliki lifetime alias tidak akan awet sampaui seterusnya. Durabilitas persenjataan akan bervariasi dan di sini kita harus pandai memilih dan menyimpan persenjataan untuk menghadapi musuh yang potensial hadir menghalangi langkah kita.

Zelda 9 Images Data 2017 Maret Thumb Other400 0

DI Breath of the Wild juga hadir gameplay memasak. Dimana fitur ini bisa digunakan untuk menciptakan item-item powerup dan juga potion, untuk menambah stamina ketika dibutuhkan. Jadi kita tidak akan menemukan potion dalam bentuk jadi seperti pada game Zelda sebelumnya. Kita harus memanfaatkan makanan yang ada di alam. Baik tumbuhan maupun hewan. lalu kita bisa meningkatkan sedikit efeknya dengan cara memasaknya.

Zelda 5 Images Data 2017 Maret Thumb Other400 0

Sudah puluhan jam PULSA memainkan game ini. Sejumlah hal bisa dengan mudah mengalihkan perhatian dan membawa kita jauh dari quest utama. Tapi itu adalah kelebihan sebuah game Open World RPG, serupa the Witcher 3 ataupun serial Far Cry. Nikmati saja dan masuk lebih dalam ke dunia Zelda yang kita tunggu-tunggu selama ini.

Zelda 6 Images Data 2017 Maret Thumb Other400 0

Oh iya, sistem Amiibo yang dikembangkan oleh Nintendo sejak Wii U dan New Nintendo 3DS dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan item-item unik, meskipun tidak dapat dibilang esensial. Anda yang mengoleksi Amiibo akan mendapatkan kelebihan ketimbang mereka yang tidak menggunakannya.

Zelda 7 Images Data 2017 Maret Thumb Other400 0

Zelda 8 Images Data 2017 Maret Thumb Other400 0

Grafis dan Sound

Zelda 10 Images Data 2017 Maret Thumb Other400 0

Sebagai sebuah game pertama dari sebuah konsol game anyar, Zelda Breath of the Wild membawa kualtas yang solid, baik dari sisi grafis maupun sound. Meskipun tertinggal dari kulaitas konsol milik Sony dan Microsoft, grafis Switch sudah jauh meningkat dari konsol terakhirnya Wii U dan perlu diingat bahwa Switch juga dapat digunakan secara mobile. Artinya, kualitas konsol yang melebihi Wii U bisa Anda bawa dalam layar 6.2 inci, kemana pun Anda suka.

Selama memainkan game ini tidak ada keluhan di sisi grafis atau penurunan performa.

Kesimpulan

Jika Anda tertarik membeli Nintendo Switch maka game ini tidak boleh dilewatkan. Meskipun di hari pertama penjualan memang dipaletkan menjadi satu bersama dengan konsol, bisa jadi Anda akan menemukan tawaran menggiurkan tanpa game taau dengan game lain. Kalau ini yang terjadi, apapun alasannya, Anda tidak boleh melewatkan game ini.

Informasi:

  • Judul: the Legend of Zelda Breath of the Wild
  • Genre: RPG
  • ESRB: E 10+
  • Platform: Nintendo Switch (yang direview), Nintendo Wii U
  • Audio: Jepang, Inggris
  • Subtitle: Inggris
  • Harga: US$ 59.99 (Nintendo e-shop)
  • Developer: Nintendo
  • Publisher: Nintendo
Rate this item
(0 votes)