pulsa-logo

Platform Mobile Qualcomm 205 Resmi Meluncur


Arief Burhanuddin

Selasa, 21 Maret 2017 • 08:39

prosesor qualcomm, chipset qualcomm, chipset, soc, qualcomm, qualcomm snapdragon


Bertempat di New Delhi, Qualcomm Technologies, Inc., anak perusahaan dari Qualcomm Incorporated kemarin (20/3) memperkenalkan Platform Mobile Qualcomm® 205, yang dirancang untuk menghadirkan konektivitas 4G LTE dan layanan 4G bagi entry-level feature phone. SoC Qualcomm 205 termasuk dalam Platform Mobile Qualcomm 205, yang meliputi fungsionalitas baseband, ditambah komponen perangkat keras termasuk RF front end, Wi-Fi terpisah, manajemen daya, audio codec, speaker amplifier, dan perangkat lunak, semua untuk memungkinkan solusi mobile yang komprehensif.

 

Platform Mobile Qualcomm 205 dirancang untuk OEM dan ODM yang melayani konsumen dengan akses terbatas ke ponsel yang berkualitas tinggi, namun terjangkau dan dapat diandalkan. Ini termasuk di negara-negara berkembang seperti di India, Amerika Latin, dan Asia Tenggara. Karena berbagai operator di seluruh dunia telah menyusun kembali paket berlangganan untuk mengambil keuntungan yang lebih besar dari peluncuran jaringan LTE, perangkat dengan Platform Mobile Qualcomm 205 dirancang untuk mendukung konsumen, usaha mikro, dan lainlain, untuk dapat berkomunikasi secara ekonomis dengan menggunakan layanan data LTE mutakhir seperti Voice over LTE (VoLTE) dan Voice over Wi-Fi (VoWi-Fi).

 

Menghadirkan 4G dan fitur konektivitas mutakhir lainnya ke berbagai daerah yang sedang berkembang dapat membawa dampak yang besar pada mereka yang terekspos teknologi ini. Dari sudut pandang bisnis, usaha kecil yang berkontribusi cukup besar pada ekonomi di beberapa daerah seperti India dan Asia Tenggara, akan memiliki akses untuk transaksi finansial yang lebih andal, lebih cepat, dan lebih aman. Dengan baterai yang mampu bertahan selama beberapa hari dapat mengurangi kebutuhan untuk mengisi daya, penting bagi mereka yang mungkin tidak selalu memiliki akses ke sumber listrik.

 

Kecepatan unduh yang lebih cepat memungkinkan untuk mengakses konten on-demand termasuk musik dan video. 


Fitur-fitur SoC Qualcomm 205 meliputi: 

  • Modem LTE Cat 4 dengan kemampuan unduh hingga 150 Mbps, dan kemampuan unggah hingga 50 Mbps; 
  • Dukungan untuk jaringan 4G, 3G dan 2G; 
  • Dukungan untuk 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, ANT+, radio FM; 
  • CPU Dual Core 1,1GHz; • GPU Qualcomm® Adreno™; 
  • 3 megapiksel kamera belakang, 0,3MP kamera selfie 
  • Layar VGA 480p 60fps; 
  • Streaming video HD; 
  • Dukungan untuk OS Linux; 
  • Dukungan untuk dual SIM; 
  • Pin-compatible dengan Qualcomm® Snapdragon ™ 210/212 

"Qualcomm Technologies berkomitmen untuk membantu migrasi pengguna dan jaringan dari 2G, 2.5G, dan 3G ke 4G," kata Kedar Kondap, wakil presiden, manajemen produk, Qualcomm Technologies, Inc.

 

"Fitur ponsel adalah kebutuhan utama di banyak negara berkembang dan Platform Mobile Qualcomm 205 memungkinkan kita untuk membawa konektivitas dan layanan 4G kepada masyarakat melalui perangkat yang jangkauan harganya tidak pernah diperhitungkan sebelumnya."

 

"Sejak awal, Reliance Jio telah menjadi jaringan broadband inklusif, membawa ponsel kepada lebih banyak orang dan tempat di seluruh India," kata Mathew Oommen, presiden, Reliance Jio Infocomm Limited. "Pertumbuhan pelanggan baru kami hingga lebih dari 100 juta koneksi sejak September 2016 memperkuat tujuan utama kami. Dengan jaringan 4G nasional kami, pelanggan Jio dapat terhubung di cakupan daerah yang lebih luas, lebih andal, untuk berbuat lebih banyak baik untuk bisnis maupun kesenangan. Bersama dengan Qualcomm Technologies, Reliance Jio bangga untuk melanjutkan inovasi perangkat untuk memungkinkan ponsel 4G yang andal dan terjangkau untuk India yang mencakup semua segmen pelanggan." 

 

Saat ini Platform Mobile Qualcomm 205 telah tersedia, dengan perangkat diperkirakan akan dapat dipasarkan di Q2 2017.