pulsa-logo

Samsung Resmi Luncurkan Bixby, Siap Dijalankan di Galaxy S8


Nariswari

Selasa, 21 Maret 2017 • 14:47

Samsung, Bixby, spesifikasi Galaxy S8, harga Samsung Galaxy S8


Sembilan hari menjelang peluncuran Samsung Galaxy S8 dan S8 +, Samsung  secara resmi mengumumkan salah satu fitur mereka  yang akan dibenamkan di duo flagship tersebut, yakni asisten virtual Bixby.

Injong Rhee (Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala R & D, Software dan Services di Samsung) mengatakan bahwa Samsung dengan bangga mempersembahkan asisten virtual Bixby yang akan dibangun ke dalam smartphone generasi terbaru  mereka. Dukungan untuk Bixby sangat terlihat yang dibuktikan dengan adanya tombol khusus yang ditempatkan di sisi kiri bodi ponsel.

Seperti dilansir dari GSMArena,  Samsung mengatakan Bixby tidak seperti asisten virtual lain yang telah dikenal selama ini. Sebaliknya, Bixby  akan belajar dan beradaptasi dengan Anda. Bixby  akan menawarkan pengalaman yang lebih dalam dan cerdas  dibandingkan layanan asisten virtual pesaingnya. Ini dikarenakan Bixby memiliki  tiga keunggulan: kelengkapan, kesadaran konteks, dan toleransi kognitif.

Kelengkapan mengacu pada fakta bahwa Bixby akan mendukung "hampir" semua fungsi yang dapat Anda kerjakan dengan sentuhan jari hingga ke bagian dalam aplikasi sekalipun. Syaratnya  tentu saja aplikasi tersebut harus menjadi "Bixby-enabled” yang dengan demikian tidak hanyak sekadar pada aplikasi bawaan dari perangkat S8.

Adapun  kesadaran konteks berarti bahwa Anda akan dapat memanggil Bixby setiap saat, tiap waktu,  bahkan ketika Anda sedang  menggunakan sebuah aplikasi, dan Bixby akan secara cerdas mengetahui apa yang Anda butuhkan.  Bixby akan memahami niat, tujuan dan tiap pertanyaan yang Anda lontarkan serta akan mengizinkan Anda untuk menggunakan berbagai macam mode interaksi yang mencakup pula input teks, sentuhan atau suara.

Melalui toleransi kognitif, Bixby akan cukup pintar untuk memahami perintah Anda, bahkan jika Anda mengeluarkan informasi yang tidak lengkap. Dalam kasus tertentu, jika diperlukan, Bixby akan  meminta Anda untuk memberikan rincian tambahan informasi.  Samsung mengatakan ini akan membuat interaksi Anda dengan asisten virtual jadi jauh lebih alami, karena Anda tidak harus mengingat  tiap perintah khusus untuk segala sesuatu yang Anda ingin lakukan.

Selain itu,  Bixby akan membuat smartphone Anda lebih mudah untuk digunakan secara keseluruhan, dan menciptakan pengalaman pengguna yang jauh lebih menyenangkan.


Kehadiran tombol khusus untuk Bixby akan membantu pengguna untuk mengaktifkan asisten virtual ini, karena Anda dapat dengan mudah  mengaktifkan Bixby di manapun Anda berada, apa pun yang Anda lakukan, Anda hanya tinggal menekan saja.

Sayangnya ketika Galaxy S8 diluncurkan, kabarnya Samsung  hanya akan menjadikan aplikasi bawaan sebagai Bixby-enabled. Meski demikian Samsung menjanjikan akan ada lebih banyak aplikasi lain yang bakal mendukung Bixby di waktu mendatang.  Pihaknya juga berencana akan merilis software development kit (SDK) untuk pengembang pihak ketiga yang berminat untuk menjadikan aplikasi mereka Bixby-capabled. Sedangkan untuk implementasinya, Bixby di waktu mendatang secara bertahap juga akan dapat ditemui di semua peralatan elektronik buatan Samsung (Nariswari)

Sumber