pulsa-logo

Nintendo Dekati Cyanogen Untuk Hadirkan Android di Switch?


Nariswari

Rabu, 22 Maret 2017 • 14:53

Nintendo,Cyanogen Android Switch, game Nitendo, apk Cyanogen , sfotware Cyanogen


Sejak diperkenalkan ke publik pada 13 Januari 2017, Nintendo secara resmi mengumumkan konsol teranyarnya Nintendo Switch ke pasar dunia. Perangkat yang dulu sempat diberi kode nama NX ini menawarkan sebuah konsol rumahan yang stasioner, sekaligus sebuah tablet yang bisa dibawa kemana-mana.

Konsol tablet yang membawa layar 7 inci ini, dipersenjatai dengan GPU Tegra yang dibuat secara custom khusus untuk Switch. Menurut pihak ofisial Nvidia, GPU ini dibangun dengan arsitektur yang sama dengan seri NVidia GeForce yang selama ini memberikan performa apik bagi para gamer PC. Hanya saja Tegra Custom ini akan jauh lebih efisien.

Namun sebuah kabar terbaru yang dilansir dari phonearena mengisyaratkan bahwa Nintendo mulai berniat untuk menggandeng Cyanogen, dengan tujuan untuk menjalankan sistem operasi Android, tetapi Nintendo di Switch.

Setidaknya, itulah menurut Kirt McMaster, mantan CEO dan Executive Chairman Cyanogen Inc.  McMaster  men-tweeted pernyataannya tersebut bahwa dalam beberapa hari ini  Cyanogen “didekati” oleh Nintendo. Adapun  permintaan dari pihak Nintendo, adalah agar Cyanogen membantu membuat OS  tertentu untuk perangkat portabel.

McMaster  memang  tidak secara khusus mengatakan “Switch” (meskipun Nintendo tampaknya telah mulai memberikan petunjuk gamblang perihal  kata “portable”).  McMaster juga tidak secara khusus mengatakan sistem operasi Android, namun perlu dipertanyakan mengapa Nintendo malah mendekati Cyanogen. Mengapa tidak mendekati Google  sebagai penggarap Android.

McMaster mengklaim ia mengatakan Nintendo Switch  bisa jadi memang akan menjalankan sistem operasi  Android.

Di sisi lain, mengingat bahwa Cyanogen Inc  kabarnya akan mengakhiri proyek CyanogenMod dan mem-PHK banyak stafnya, mungkin cukup mudah untuk menilai bahwa keputusan Nintendo untuk mendekati Cyanogen  adalah  kesalahan besar. (Nariswari)