pulsa-logo

Selain Kinerja Tinggi, Ini yang DItawarkan Snapdragon 835


dian iskandar

Rabu, 22 Maret 2017 • 17:39

Selain Kinerja Tinggi, Ini yang DItawarkan Snapdragon 835,qualcomm,snapdragon,benchmark snapdragon 835


Beijing-(PULSA) Snapdragon 835 merupakan chipset terbaru Qualcomm yang membawa segala peningkatan dari pendahulunya. Diumumkan secara resmi pada November 2016. Chip unggulan terbaru Qualcomm ini diset untuk menawarkan performa dan efisiensi yang lebih baik.

Snapdragon 835 menggunakan arsitektur octa-core Kryo280. Qualcomm mengklaim arsitektur 280 adalah yang paling efisien sampai saat ini. Berbekal dua set core yakni, 4 core x @2.45GHz dan 4 x core @1.9GHz untuk efisiensi, Snapdragon  835 mampu menghemat daya 50% dibandingkan dengan chip Snapdragon 801. Ini berarti akan muncul smartphone yang powerful tapi juga tetap hemat daya.

Sektor multimedia pada Snapdragon 835 juga tak kalah menarik. Diengkapi dengan GPU Adreno 540, menjadikannya lebih cepat berkat dukungan DX12, OpenGL, ES dan aplikasi Vulkan. Fitur lainnya termasuk Hexagon 690 DSP, Spectra 180 dan modem LTE X16.

Nah mungkin belum banyak yang mengetahui tentang modem X16 ini. Qualcom menyebutnya sebagai Gigabit LTE. Secara teori, modem ini bisa digunakan untuk berselancar lebih cepat hingga 1 Gbps. Syaratnya, operator yang digunakan juga sudah mendukung Gigabit LTE.

Modem X16 di Snapdragon 835 bisa menggabungkan 2x2 MIMO dengan 4 Carrier Aggregation 20 MHz serta Downlink 256 QAM. Presentasi yang diungkap oleh Qualcomm pada Tech Day and Benchmarking Event  hari ini di Beijing, kecepatan Gigabit LTE ketika di tes dengan jaringan milik Telstra Australia mencapai kecepatan download 911.21 Mbps dan untuk upload 126,20 Mbps.

Selain itu, Qualcomm membekali Snapdragon 835 dengan teknollogi terbaru Quick Charge 4.0. Menurut keterangan Qualcomm, Anda hanya butuh waktu 5 menit pengisian daya baterai untuk 50 menit pemakaian. Ini dilakukan pada baterai berkapasitas 3000 mAh.

Snapdragon juga sangat andal ketika digunakan pada perangkat VR. Qualcomm memperkenalkan development kit untuk virtual reality (VRDK) terbaru. VRDK Snapdragon terbaru ini memberikan pengembang akses lebih awal ke VR head mounted display (HMD) yang diciptakan dengan platform mobile Snapdragon 835 yang didukung oleh software development kit (SDK) VR yang dapat diupgrade dan kompatibel dengan HMD.


Beberapa hal yang menarik pada teknologi ini diantaranya, kemampuan menampilkan visual sesuai dengan pandangan mata kita. Bahkan, dengan VR Snapdragon ini, penguna bisa merasakan isual yang lebih hidup ketika  Anda bergerak maju atau mudur. Ini telah dibuktikan pada saat sesi demo live.

Masih ada lagi dukungan Qualcomm Haven Security (biometrik suite), untuk mendukung beberapa aplikasi keamanan perangkat seperti sensor sidik jari, sensor retina dan pengenal wajah.   Apa kelebihannya? Salah-satu yang menonjol dari platform keamanan ini adalah, keamanan perangkat bisa diproteksi berdasarkan kebiasaan pengguna. Sehingga ketika ada sesuatu yang tidak sesuai, maka akan muncul notifikasi dan akan meminta ijin kepada pengguna apakah boleh dilanjutkan atau tidak. Haven Security juga memungkinkan untuk membuka perangkat lewat suara. Seperti yang sudah disebutkan tadi, ini berkat perangkat tersebut yang bisa mengenali pengguna. (*)