pulsa-logo

Android O Developer Preview Resmi Dirilis!


Nariswari

Kamis, 23 Maret 2017 • 12:25

Android O Developer, apk Android O, aplikasi Android O, android Developer,


Sejak Google mengumumkan   versi terbaru  sistem operasi Android  yakni OS Android Nougat yang  diumumkan pada tanggal 1 Juli 2016, dan diluncurkan pada 23 Agustus 2016 lalu, namun penetrasi Android Nougat belum sebanyak Android Lollipop maupun Marshmallow. Tapi ini  tidak  menyurutkan  hasrat Google untuk  meluncurkan  versi  Android  terbarunya. Dan kabarnya, dalam waktu dekat Google akan meluncurkan  versi  Android terbaru ini  di Google I/O tahun ini.  Dan jelang peluncurannya tiba, Google telah merilis   Android  O Developer Preview yang ditujukan  untuk para developer maupun penggunanya yang ingin mencoba sistem operasi ini sebelum diluncurkan secara resmi.

Sebelum  resmi diluncurkan untuk umum sistem operasi Android lazimnya akan menggunakan inisial alfabet dan Google akan menggelar ajang Android Developer Preview sebagai pendahuluan. Tujuannya agar pengembang memiliki gambaran terkait   versi terbaru dari sistem operasi  yang akan dirilis,  terkait kompatibiltas, karakteristik, fitur yang didukung, dan sebagainya.

Melalui tulisan yang dimuat di Blog Android Developer, ada  beberapa fitur  baru yang akan hadir dalam sistem operasi  Android O  ini. Mulai dari Background Limits yang memiliki fungsi untuk membatasi aplikasi yang berjalan di background secara otomatis sehingga bisa menghasilkan peningkatan kinerja dan daya tahan baterai menjadi lebih irit.

Sementara itu dengan Notification Channel, para pengembang aplikasi dapat mengategorikan konten notifikasi yang dikirimkan kepada pengguna agar dapat menghadirkan kontrol yang lebih baik untuk setiap notifikasi yang masuk dari aplikasi yang diinstal pada perangkat. Agar notifikasi lebih mudah dibaca, Google juga akan memberikan tampilan visual baru serta pengelompokkan yang lebih tertata.

Pada Android O, pengguna juga akan menemui fitur baru bernama Picture-in-picture (PiP) yang  memungkinkan pengguna Android O untuk dapat menonton video sambil  multitasking . Di fitur ini, pengguna  bisa  melakukan kontrol playback dan multi-display.

Selain itu terdapat fitur Autofill API yang mengizinkan aplikasi pengelola kata sandi untuk mengisikan kata sandi secara otomatis kepada setiap aplikasi yang membutuhkan. Sementara untuk fitur Android O Developer Preview lainnya dengan fungsi teknis untuk para pengembang dapat Anda simak sendiri melalui tulisan yang dipaparkan di blog Android Developer berkenaan.

Android O Developer Preview (DP) sendiri nantinya akan dirilis dalam empat tahap yang terdiri dari DP1 (yang berlangsung sekarang ini) , DP2 yang akan hadir di pertengahan hingga akhir bulan Mei 2017, DP3 pada pertengahan  sampai akhir bulan Juni 2017, dan DP4 bakal meluncur di pertengahan hingga akhir bulan Juli 2017.


Android O Developer Preview telah hadir untuk Google Pixel, Pixel XL, Pixel C, Nexus 5X, Nexus 6P, dan Nexus Player. (Nariswari/glng)

Sumber 1 2