pulsa-logo

Qualcomm Tak Bolehkan Samsung Jual Exynos Ke Merek Lain


dian iskandar

Senin, 27 Maret 2017 • 19:21

Qualcomm Tak Bolehkan Samsung Jual Exynos Ke Merek Lain


Samsung telah terbukti mampu menciptakan prosesor yang solid. Chip Exynos miliknya selalu sejajar dengan yang terbaik, dan mereka telah menunjukkan hasil yang konsisten, mampu menyaingi produk Qualcomm, yakni Snapdragon. Jadi, apabila Anda bertanya-tanya mengapa Samsung tidak menjual chipsetnya ke pembuat ponsel lain, kecuali untuk beberapa model ponsel Meizu, Anda tidak sendirian.

Untuk waktu yang cukup lama, opini popouler yang berkembang adalah samsung mencoba melincungi teknologi pembuatan chipsetnya, tetapi sebuah laporan baru dari Korea selatan menunjukkan hal berbeda. Menurut laporan terebut, Qualcomm telah memblokade Samsung sehingga tidak mungkin menjual prosesor Exynos ke pembuat ponsel lain.

Seperti dilansir Phonearena, laporan ini juga mengklaim bahwa qualcomm menyalahgunakan sebuah linsensi "standard-essensial part" untuk menghalangi Samsung dalam menjual prosesornya ke pihak ketiga selama 25 tahun. paktek ketidakadilan ini terungkap dalam resolusi Komisi Fair Trade pada kasus yang penyalahgunaan market power oleh Qualcomm.

Reolusi oleh komisi fair trade menyatakan "Samsung electronics telah dihalangi dari menjual chipset modem ke manufatur ponsel lain karena kesepakatan lisensi yang telah ditandatangani dengan Qualcomm."

Resolusi anyar ini hanyalah satu bagian dari sekian banyak teka-teki. Komisi Fair Trade telah memberlakukan denda kepada Qualcomm sebesar 873 juta usd setelah menyimpulkan bahwa pembuat chipset tersebut telah menggunakan posisi nya di pasar secara tidak adil di Korea Selatan. (*)

Sumber: Phonearena

 

Close