pulsa-logo

Hari Ini, iPhone 7 dan & Plus Mulai Dijual Resmi di Indonesia


dian iskandar

Jum'at, 31 Maret 2017 • 15:08

Hari Ini, iPhone 7 dan & Plus Mulai Dijual Resmi di Indonesia


Seperti yang ramai dikabarkan sejakbulan Desemberlalu, Apple saat ini sedang dalam proses membangunpusat penelitian dan pengembangan  (R&D) pertama di Indonesia. Menurut sebuah kabar terbaru dari  media lokal di Indonesia  yakni The Jakarta Post, pusat penelitian dan pengembangan Apple iniakan mulai beroperasi pada kuartal kedua tahun ini sementara penjualan iPhone 7 dimulai di Indonesia hari ini yakni 31 Maret 2017.

Lembaga R&D  baru Apple di Indonesia akan mengembangkan program pendidikan bagi 300 hingga 400 mahasiswa lokal yang cerdas dan berprestasi. Laporan tersebut mengutip anggota staf ahli Kementerian Perindustrian Sanny Iskandar, yang beberapa waktu yang lalu bertemu dengan perwakilan Apple. 

Apple berencanaakan membanguntiga pusat fasilitas R & D di Indonesia dan yang pertama akan dibukadi Green Office Park di BSD City, Tangerang-Banten. Adapun dua pusat R & D lainnya, satu berada di Jawa, sementara yang lain terletak di daerah Toba di Sumartra Utara.

Ketiga pusat fasilitasR & D di Indonesia akan menelan biaya investasi sebesar USD$ 44 juta, dan nilai investasi sebesar ini memang harus dilakukan oleh Applejika ingin menjual produknya secara bebas di Indonesia, karena pemerintah menetapkan TKDN  dan investasi dalam negeri.

Sementaraitu, kabarnya, Apple masih terganjal penjualan model seri iPhone 6 setelah pemerintah mengeluarkan peraturan yang wajib dipatuhi oleh vendor  untuk memenuhi sejumlah konten lokal (TKDN). Dan hal inilah yang kemudian mendorong Apple untuk  membangun pusat R& D di Indonesia.

Apple akhirnya setuju untuk mematuhi peraturan tersebut awal tahun ini danberkomitmen untuk membangun pusat-pusat pengembangan dan penelitiannya di Indonesia dan berjanji untuk menuangkan investasi ke R& D di Indonesia hingga 2018.

Indonesia adalah salah satu negara  yang menjadi pasar strategis danpenting bagi bisnis Apple,  mengingat Indonesia  adalahnegara terpadat keempat di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat.Dan ini jelas pasar yang sangat potensial bagi tiap vendor yang ingin memasarkan produkter barunya. (Nariswari)


Sumber: 9to5Mac