pulsa-logo

Apple, Google, dan Amazon Siap Kuasai Unit Bisnis Chip Memori Toshiba


Nariswari

Senin, 03 April 2017 • 17:03

Apple, Google, Amazon ,Chip Memori Toshiba,PC dan laptop,Hon Hai


foto: phonearenafoto: phonearena

Seperti dilansir oleh Reuters, beberapa  perusahaan teknologi ternama seperti Apple, Google dan Amazon dikabarkan  tertarik untuk membeli bisnis chip memori Toshiba. Unit bisnis chip memori Toshiba sendiri sebetulnya merupakan perusahaan penyedia chip memori terbesar kedua dunia untuk produk smartphone dan komputer setelah Samsung.

Dari bisnis chip memori ini,  menyumbang 25% dari pendapatan Toshiba  yang rata-rata mendatangkan  pendapatan  USD$ 50,9 miliar selama tahun fiskal  2016 lalu. Namun entah bagaimana, Toshiba kemudian memang dirumorkan akan menjual bisnis  memori tersebut, yang jelas memberi banyak keuntungan bagi  Toshiba  yang tengah  bangkit dari  lesunya bisnis penjualan PC dan laptop.

Toshiba dikabarkan  telah menyelesaikan   penawaran  putaran pertama  ke beberapa  pihak penawar. Salah satu perusahaan besar yang  berbasis di Taiwan yang dikabarkan tertarik adalah  Hon Hai, yang menawar lebih dari USD $ 18 miliar untuk pisi  chip memori tersebut. Seperti dikabarkan  surat kabar Yomiuri Shimbun Jepang, Hon Hai adalah  perusahaan tandingan  Foxconn, yang merupakan  produsen yang merakit mayoritas unit iPhone serta perangkat mobile populer  lainnya. Tahun lalu, Hon Hai mengakuisisi  produsen layar yang berbasis di Jepang, yakni  Sharp dengan nilai akuisisi   sebesar  USD$ 3,8 miliar.

Adapun pemegang saham Toshiba pada hari Kamis (30/3)  telah bersepakat untuk menutup  bisnis NAND flash memory-nya yang akan membuka jalan bagi penjualan pisi tersebut kepada pihak penawar yang berminat.

Selain Apple, Google dan Amazon, kabarnya ada  beberapa  perusahaan lain  yang dikatakan telah mengajukan   penawaran untuk membeli  pisi memori chip  Toshiba termasuk Western Digital Corporation  dan SK Hynix Inc.

Menurut  kabar terbaru  yang bersumber  dari  media lokal di  Jepang, Google dan Amazon tertarik untuk menggunakan chip memori  besutan Toshiba  untuk layanan cloud yang dikembangkan oleh Toshiba. (Nariswari)

Sumber: 2 3