pulsa-logo

Samsung Habiskan Dana 115 Triliun Rupiah untuk Penuhi Target Produksi Layar OLED iPhone 8


Nariswari

Senin, 03 April 2017 • 17:45

Samsung , Layar OLED iPhone 8, iPhone 7s dan iPhone 7s Plus


foto: phonearenafoto: phonearena

Samsung memiliki ambisi besar untuk mengambangkan bisnis komponen layarnya. Samsung juga disebut-sebut akan menjadi pemasok utama komponen layar iPhone generasi berikutnya.

Seperti dilansir dari PhoneArena, Samsung dikabarkan berencana untuk menghabiskan dana sebesar USD $ 8,9 miliar atau setara dengan Rp. 115,7 trilyun tahun ini untuk menggenjot kapasitas produksi panel OLED pabrikan miliknya.

Salah satu alasan untuk menghabiskan uang sebanyak itu pada proyek ini adalah peralihan desain dan layar yang kemungkinan bakal dilakukan oleh Apple pada produk mereka berikutnya. Apple  diketahui tertarik untuk mengalihkan penggunaan LCD ke panel OLED untuk iPhone teranyarnya kedepannya.

Model terbaru yang menandai ulang tahun kesepuluh iPhone ini  akan menyandang  

nama iPhone 8 ini nantinya akanmenjadi iPhone pertama yang akan menggunakan layar OLED. Handset ini kabarnya akan diresmikan akhir tahun ini yang kemungkinan akan mengambil waktu di bulan September 2017. 

Sementaraitu, iPhone 7s dan iPhone 7s Plus keduanya masih akan tetap mempertahankan penggunaan panel LCD.  

Dan  pada tahun 2018, rumornya semua model iPhone akan dibekali dengan layar OLED. Dan itulah sebabnya Samsung  membuat investasi beasar-besaran mulai dari sekarang. 


Dengan dominasi hingga mencapai 95% pangsa pasar, permintaan panel OLED Samsung jelas adalah bisnis yang sangat menjanjikan bagi Samsung di masa depan. Bahkan, statistik terbaru menunjukkan bahwa nantinya 70% dari ponsel Samsung akan menggunakan layar OLED sebagai pengganti LCD.

Di samping untuk memenuhi  order besar dari Apple, beberapa produsen smartphone  yang berbasis  di China dikatakan juga akan menggunakan layar OLED  untuk produk perangkat kelas atas anyar besutan mereka.  

Untuk menutupi peningkatan permintaan ini dan untuk menjaga pangsa pasar yang tinggi, Samsung tentu merasa sangat perlu untuk menggenjot produksi dari komponen layar tersebut.

Apple dan Samsung sebelumnya telah menandatangani dua kontrak tertulis mengenai kesanggupan pihak Samsung untuk memasok komponen display OLED untuk produk iPhone generasi terbaru. Kedua kontrak tersebut adalah untuk memenuhi order  160 juta unit. Kabarnya untuk memasok sekitar 60 juta komponen panel OLED, Apple siap mengganjar Samsung dengan uang senilai USD$ 4,3 miliar atau lebih dari 57 triliun rupiah. (Nariswari) 

Sumber