pulsa-logo

Pertama Kali, Android Kalahkan Windows Sebagai OS Terbanyak Pengakses Internet


dian iskandar

Selasa, 04 April 2017 • 10:54

Pertama Kali, Android Kalahkan Windows Sebagai OS Terbanyak Pengakses Internet


ilustrasiilustrasi

Hingga bulan lalu, Windows masih merajai sebagai system operasi yang banyak digunakan untuk berselancar di Internet. Tapi data terbaru yang dirilis StatCounter cukup mengejutkan.

Menurut data dari perusahaan riset StatCounter, Android baru saja mengalahkan Windows, untuk urusan menjelajah di internet. Maret lalu, Android mencatat prosesntase 39,93% dari semua lalu lintas web, sedangkan Windows menyumbang 37,91%. Ini adalah kekalahan pertama Windows sebaga OS utama untuk mengakses Internet.

Tren ini telah berlangsung cukup lama, dan 2012 lalu, statistik menunjukkan data yang sama sekali berbeda. Saat itu, Android hanya mencapai 2,2% dari semua lalu lintas web.

“Ini adalah tonggak dalam sejarah teknologi dan akhir dari sebuah era,” kata Aodhan Cullen, CEO StatCounter seperti dikutip Phonearena. “Ini menandai akhir dari kepemimpinan Microsoft di pasar OS seluruh dunia yang telah dipegang sejak 1980-an. Hal ini juga merupakan terobosan besar bagi Android yang hanya menggapai 2,4% dari global yang pangsa penggunaan internet lima tahun yang lalu.”

Sumber: StatCounterSumber: StatCounter

Grafik di bawah ini jelas menggambarkan tren yang dimulai sejak 2012. Grafik tersebut mencakup semua platform (desktop, tablet, smartphone dan laptop). Windows masih memegang 84% lalu lintas web via desktop, dan ini tidka akan berubah dalam waktu dekat.(*)

Sumber: Phonearena

Close