pulsa-logo

Lebih Dekat dengan Snapdragon 835


dian iskandar

Rabu, 05 April 2017 • 20:32

Lebih Dekat dengan Snapdragon 835


Fungsi smartphone saat ini makin berkembang. Ini karena tuntutan pengguna dari berbagai karakter, baik sebagai VR gamers, fotografer pemula, pekerja, atau ibu rumah tangga dengan segudang aktivitas. Selebihnya, smartphone juga dituntut memiliki daya baterai smartphone yang tahan lama.

Inilah yang kemudian dijawab oleh Qualcomm melalui Snapdragon 835 yang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang tinggi dan menciptakan standar baru untuk kinerja perangkat mobile. Dengan desain 10 nm baru dan dilengkapi dengan lebih dari tiga miliar transistor ultra-efisien, Snapdragon 835 ini berukuran 35% lebih kecil dari pendahulunya, yaitu Snapdragon 820.

Berkat ukuran yang jauh lebih kecil dan efisiensi yang meningkat tajam ini, maka para produsen perangkat mampu merancang perangkat premium yang lebih tipis (smartphone, perangkat VR/AR, kamera IP, tablet, komputer mobile, dan sebagainya) dengan baterai yang lebih besar, sehingga perangkat dapat bekerja dengan tenaga yang lebih sedikit dan daya tahan yang lebih lama. Snapdragon 835 dibuat untuk menggunakan daya yang 25% lebih sedikit jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yang berarti penghematan baterai yang lebih besar.

Daya Tahan Baterai

Snapdragon 835 dibuat menggunakan komponen-komponen terbaik, termasuk CPU Qualcomm Kryo 280, GPU Qualcomm Adreno 540, dan DSP Qualcomm Hexagon 682, untuk mengelola beban kerja yang beragam – seluruhnya dioptimalkan oleh Qualcomm Symphony System Manager untuk menjaga suhu yang normal dana daya tahan baterai lebih lama.

Selain rancangan 10nm yang baru, solusi komputasi ini juga memberikan peningkatan pendayagunaan energi yang mutakhir. Hal ini memberikan pengalaman pengguna terbaik, termasuk: waktu bicara hingga lebih dari satu hari, penggunaan aplikasi musik hingga lebih dari lima hari, atau streaming video berkualitas 4K Selama lebih dari 7 jam. Jika ponsel membutuhkan lebih banyak daya, maka Qualcomm Quick Charge 4 dirancang untuk memberikan lima jam waktu bicara hanya dengan pengisian daya selama lima menit.


Pengalaman AR dan VR Imersif

Snapdragon 835 diciptakan oleh Qualcomm Technologies sebagai pakar dalam hal solusi virtual reality (seperti Snapdragon VR820, yang memberikan pengalaman virtual reality yang sangat nyata ke perangkat mobile). Snapdragon 835 memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan proses VR dengan keterbatasan kondisi suhu dan hambatan daya, dan prosesor ini menawarkan proses rendering grafis 3D 25% lebih cepat dan tampilan warna 60 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan prosesor generasi sebelumnya.

Untuk menciptakan suara yang realistis, Snapdragon 835 mendukung teknologi 3D positional audio, superior SNR (Signal-to-Noise Ratio), dan format DSD yang bisa menghadirkan pemutaran musik berkualitas tinggi. Hal ini bisa tercapai berkat adanya teknologi Qualcomm Aqstic. Untuk menciptakan pengalaman pengguna yang paling intuitif dan nyaman dalam pengunaan AR dan VR, maka platform mobile baru ini dirancang untuk menghasilkan penurunan latensi motion-to-photon sebesar 20% dibanding Snapdragon 820.

Teknologi ini sudah diimplementasikan pada VR820, dan six-degrees-of-freedom (atau 6DOF) untuk pergerakan yang presisi, nyaman, dan intuitif. Sebagai tambahan, prosesor ini mendukung Daydream, platform Google untuk mobile VR berkualitas tinggi.

Pengambilan Gambar

Snapdragon 835 memperkenalkan kemajuan dalam fotografi mobile, dan pengambilan video yang dirancang untuk memberikan kemampuan zoom yang lebih halus, autofocus yang lebih canggih, dan warna yang mendekati kenyataan.

Snapdragon 835 dilengkapi dengan kemampuan zoom dan stabilisasi lebih canggih, baik untuk foto dan video, dengan mengembangkan algoritma perangkat lunak yang dioptimalisasi dan dirancang untuk secara cerdas beralih antar pemrosesan sub-system, seperti ISP Qualcomm Spectra 180, DSP Hexagon 682, dan GPU Adreno 540. Hal ini diperlukan untuk menghadirkan pengalaman zoom yang halus.

Perangkat lunak generasi terbaru dalam stabilisasi video yang dimiliki oleh Qualcomm Technologies, yaitu EIS 3.0, juga dirancang untuk yang memberikan stabilitas pada saat perekaman video 4K dan meredam gerakan dan guncangan sehingga memberikan hasil video yang stabil.

Peningkatan besar juga dilakukan terkait auto-focus. Dukungan baru untuk Dual Photodiode (2PD) dan pembaruan pada auto-focus hybrid framework didesain untuk memberikan deteksi fase dan pencahayaan yang cerdas pada perangkat anda, demi untuk memastikan bahwa pengguna tidak akan melewatkan momen berharga hanya karena fokus kamera yang buruk. Qualcomm Clear Sight dirancang untuk menggabungkan berbagai foto untuk meningkatkan ketajaman, kejernihan suara, dan jangkauan yang lebih dinamis.

Konektivitas

Snapdragon 835 dirancang untuk memberikan pengalaman yang memuaskan dengan adanya modem Gigabit LTE Snapdragon X16 yang terintegrasi dan adanya dukungan untuk akses multi-gigabit 802.11ad, dan 2x2 11ac MU-MIMO Wi-Fi yang terintegrasi, serta didesain untuk mendukung pengalaman baru bagi para pengguna saat berkegiatan di dalam maupun di luar rumah.

Mendukung kecepatan unduh hingga 10 kali lebih cepat dari perangkat 4G LTE generasi pertama, Snapdragon X16 dirancang bukan hanya untuk memberikan kecepatan unduh yang bisa bersaing dengan kecepatan akses kabel fiber optic, namun juga lebih konsisten dalam memberikan pengalaman bagi pengguna dalam variasi yang lebih banyak terkait dengan kondisi sinyal. Modem tersebut membawa informasi dengan 256-QAM digital signal processing, menerima data dari empat antena melalui 4x4 MIMO, dan mendukung hingga 4X Carrier Agregation.

Dari sisi Wi-Fi, 11ad mendukung kecepatan hingga 4,6 Gbps dengan tingkat latensi yang sangat rendah, dan penggunaan daya per bit 5 kali lebih rendah dibandingkan 11ac. 2x2 11ac MU-MIMO yang teritegrasi mendukung kecepatan yang lebih tinggi bahkan di jaringan yang padat, dan konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan dengan pendahulunya.

Selain itu, Snapdragon 835 adalah solusi pertama di dunia, dengan didukung chip WCN 3990, yang akan disertifikasi untuk Bluetooth 5.0, meningkatkan keseluruhan kecepatan, jangkauan, dan kapasitas. Kombinasi canggih antara teknologi LTE yang mutakhir dan konetivitas Wi-Fi yang mumpuni bekerja sama dalam mendukung kecepatan virtual dimanapun Anda berada. Terkait dengan layanan lokasi, Snapdragon 835 dirancang untuk memberikan peningkatan akurasi hingga 30% untuk navigasi dalam ruangan dibandingkan dengan Snapdragon 820, dan penurunan daya hingga 50% dibandingkan GNSS tradisional.

Keamanan

Snapdragon 835 dibekali Qualcomm Haven Security Platform yang dirancang untuk mendukung tiga tingkat keamanan – prosesor, perangkat, dan sistem. Haven menggunakan PIN dan sidik jari untuk melakukan autentikasi user interface, dan keamanan berbasis wajah dan mata pengguna –untuk melakukan autentikasi kamera.

Pada saat yang sama, Haven memverifikasi perangkat lunak, aplikasi dan sistem operasi, dan perangkat keras. Hasilnya adalah platform keamanan yang dirancang untuk mengautentikasi pengguna dan perangkat secara berkelanjutan dan menyeluruh, membantu menjaga berbagai informasi baru dan transaksi yang dilakukan menggunakan smartphone kita.

Machine Learning

Pengait dari kelima peningkatan pengalaman mobile utama tersebut di atas adalah platform machine learning dari Qualcomm Technologies. Platform ini dirancang untuk memberikan kemampuan perangkat yang cerdas dengan menggunakan kekuatan komputasi, sehingga Snapdragon 835 bisa membuat ponsel lebih cerdas. Kegunaan dalam dunia nyata misalnya pengenalan obyek untuk foto yang lebih baik, hand-tracking secara langsung untuk pengalaman VR yang lebih mendalam, pengenal suara untuk asisten virtual dengan daya rendah, dan otentikasi biometri yang bisa mengenali dan melindungi pengguna. Berbagai aplikasi tersebut dapat membuat perangkat kita lebih cerdas, dinamis, dan berguna.

Dengan daya tahan baterai yang lama, pengalaman yang imersif, kemampuan kamera yang menakjubkan, dan kemampuan unduh Gigabit Class, prosesor Snapdragon 835 mendukung performa mobile fenomenal, seperti yang dibutuhkan dan diharapkan oleh para pengguna.

Perangkat pertama yang didukung oleh Snapdragon 835 adalah ODG R-8, mobile AR/VR kacamata pintar pertama untuk pengguna baru, dan R-9 untuk pengalaman wide field-of-view (WFOV) – bisa digunakan mulai dari pekerjaan professional ringan hingga konsumsi media prosumer. Dua hal tersebut diharapkan dapat tersedia pada semester kedua tahun ini.(*)

Sumber: Qualcomm Blog post