pulsa-logo

Bahan Baru Layar Ini Bisa Memperbaiki Retakan Sendiri


dian iskandar

Kamis, 06 April 2017 • 11:56

Bahan Baru Layar Ini Bisa Memperbaiki Retakan Sendiri


material baru yang lebih lentur, sumber gambar: Phonearenamaterial baru yang lebih lentur, sumber gambar: Phonearena

Judul di atas memang terdengar sedikit  mustahil.  Layar smartphone  bisa memperbaiki sendiri? Bagaimana caranya? Bahkan manusia  saja  membutuhkan  obat dan  perawatan tertentu untuk memulihkan diri jika mengalami  luka atau cedera.

Sejauh ini  sudah banyak  fitur perlindungan layar yang  disematkan di smartphone, seperti misalnya Corning Gorilla Glass(sekarang hingga generasi ke-5) dan sistem generasi kedua Shattershield  yang  digunakan oleh Motorola Moto Z Force.

Namun kabarnya,  dalam waktu dekatlayar ponsel bisa dibuat dari bahan baru yang diciptakan oleh ahli kimia di University of California di Riverside dan University of Colorado. Dan bahan baru ini memungkinkan  layar smarphone untuk memperbaiki diri sendiri! Hebat ya?

Seperti dilansir dari Phonearena, bahan smartphone ini  transparan, konduktif dan elastis, hal yang paling penting adalah bahwa ia memiliki sifat  perbaikan diri.

Jika  terjadi retakan pada  layar, maka bahan tersebut  akan memperbaiki dirinya sendiri. Dalam satu contoh, materi  layar  mengalami robekan  di bagian tengah , maka  layar tersebut akan memperbaiki diri dalam waktu kurang dari 24 jam.

Bahan  layar ini agak lentur  seperti karet dan lembut, dan  dapat membentang ke 50-kali ukuran aslinya. Dengan kemampuannya untuk menghantarkan listrik, material dapat digunakan untuk memungkinan perbaikan  layar seperti  sedia kala.

Salah satu peneliti di belakang proyek ini bernama  Chao Wang, mengatakan bahwa bahan ini digunakan dalam produksi smartphone "segera atau dalam waktu dekat" .  Namun  beliau mengakui bahwa  hingga saat ini  pihaknya masih terus mengembangkan   teknologi layar ini. Dan mereka terus  melakukan pengujian materi dalam kondisi  iklim yang  ekstrem, benturan dengan material  keras , hingga adaptasi dengan  kondisi  kelembaban tinggi.


Wang mengatakan bahwa minatnya dalam pengembangan  layar  yang bias memperbaiki diri  ini  datang ketika  dirinya  terinspirasi  setelah membaca  komik  Wolverine. Komik buku pahlawan super  tersebut memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri.

Berbicara tentang  bahan  yang dapat “recovery” atau memperbaiki diri sendiri  Anda mungkin ingat bahwa LG G Flex dan LG G Flex 2 diluncurkan dengan penutup belakang (casing)  yang bisa memperbaiki  diri  sendiri dari goresan-gorean  kecil. Namun jelas, perbaikan diri sendiri di layar tentu jauh berbeda.

Namun sayangnya, belum diketahui, kapan , terbuat dari bahan apa lebih tepatnya, dan smartphone pertama apa yang akan dibekali  dengan  layar yang memiliki bahan  inovatif  tersebut. (Nariswari)

Sumber: Phonearena