pulsa-logo

Canonical Akhirnya Menyerah Garap Ubuntu Touch untuk Smartphone dan Tablet


dian iskandar

Kamis, 06 April 2017 • 16:01

Canonical Akhirnya Menyerah Garap Ubuntu Touch untuk Smartphone dan Tablet


sumber gambar: pcworld.omsumber gambar: pcworld.om

Tahun 2011 silam, Canonical menggarap Ubuntu Touchketika itu Mark Shuttleworth menyajikan visinya tentang konvergensi. Tujuan utama Ubuntu waktu itu adalah untuk mendukung smartphone, tablet, smart TV dan layar pintar lainnya, termasuk smartwatches dan head unit.

Sayangnya, mimpi Shuttleworth tampaknya terbang terlalu jauh, sebagai CEO Canonical akhirnya dia mengumumkan bahwa perusahaannya menyerah pada Ubuntu Touch dan akan mencoba untuk memfokuskan SDM-nya untuk hal lain.

Unity8, platform yang seharusnya menyatukan semua perangkat pintar di bawah bendera Ubuntu, sekarang hanya menjadi masa lalu menyusul pengumuman Canonical yang akan mengakhiri pengembangan pada saat ini. Sejak Unity 8 merupakan bagian integral dari Ubuntu Touch,  sudah cukup jelas bahwa Canonical tidak memiliki rencana untuk smartphone dan tablet.

Rupanya, Canonical sedang memiliki tahun yang sangat baik dan igin terus digenjot. Nah, agar hal itu bisa tercapai, perusahaan harus melepaskan beberapa proyek yang mengkonsumsi terlalu banyak sumber daya dalamjangka panjang. Akhirnya memilih untuk menutup Ubuntu Touch.

Meskipun proyek Ubuntu Sentuh telah disimpan dalam berangkas, mimpi Canonical untuk konvergensi terus hidup, hanya saja tidak akan mencakup smartphone dan tablet. (*)

Sumber: Phonearena