pulsa-logo

Uji Jatuh iPhone 7 vs Samsung S8, Mana yang Tahan Banting?


dian iskandar

Kamis, 06 April 2017 • 16:27

Uji Jatuh iPhone 7 vs Samsung S8, Mana yang Tahan Banting?


Youtube screenshot, Video by TechRaxYoutube screenshot, Video by TechRax

Flagships  terbaru dari Samsung, Galaxy S8 dan Galaxy S8 +, tampil dfengan desain  premium yang  memiliki  nilai estetis  tinggi dibandingkan dengan pendahulunya, terutama mengingat rasio layar yang cukup menonjol.

Kedua model  ponsel  diapit dengan panel kaca di bagian depan dan sisi belakang.  Keduanya dibekali dengan  desain layar curved - edge  dengan desain  melengkung  yang sangat indah.  Dan  layar ini menempati  maksimum  di  sisi depan kedua model smartphone tersebut. Akan tetapi setangguh apa  layar smartphone ini  di saat  dijatuhkan  dalam  droptest.  Dan setangguh apa  smartphone ini jika dibandingkan  dengan  smartphonne tandingannya yakni iPhone 7?

Dilansir dari Gizmochina,  sebuah pengujian  drop test  terbaru yang dilakukan  oleh reviewer  TechRax  yang  kemudian diposting ke YouTube  mengungkapkan  banyak hal terkait dengan  ketahanan material layar iPhone 7 dan  Samsung Galaxy S8.

Karena seperti Anda ketahui, resiko smartphone terjatuh  dari ketinggian 5 kaki (1,5 meter) kerap terjadi, terutama di saat Anda ingin menyelipkan smartphone di saku, terjatuh dari saku, jatuh tergelincir dari tas, dan  bukan tidak mungkin  akan menimbulkan resiko kerusakan yang cukup parah.

Pada awal video,  penguji  menunjukkan dua buah smartphone yakni  iPhone 7  berwarna merah  dan SamsungGalaxy S8 .  Lalu iPhone 7  dijatuhkan dari ketinggian 5 kaki untukmenguji materi layarnya. Iphone 7  tidak rusak meskipun layar iPhone telah menyentuh tanah. Namun, warna merah di sudut-sudut kiri bawah ponsel  mulai terkelupas.

Berikutnya, Galaxy S8 dijatuhkan dari ketinggian yang sama untuk  drop test.  Salah satu sudut atas ponsel menghantam lantai sangat keras, tetapi Galaxy S8 tidak menerima goresan apapun pada sisi depan  dan bagian belakangnya.  Namun, ada perubahan warna sedikit di sudut ponsel yang menyentuh tanah pertama kali. Agak lecet, lebih tepatnya.


 Uji  drop test   dilakukan lagi namun dengan posisi layar  iPhone 7 menelungkup.  Tes frontal yang sama untuk Galaxy S8. Dan bisa ditebak,  drop test tersebut  menyebabkan kerusakan layar yang cukup parah di iPhone 7. 

Terlihat adaretakan di kedua sudut atas ponsel.  Memang sih,  layar iPhone 7  tidak sepenuhnya hancur, tapi retakan tersebut  menghasilkan  semacam  garis-garis retakan yang cukup parah.  Dan layar iPhone 7 akhirnya mengalami  kondisi mati. Layarnya gelap, dan  touchscreen-nya tidak lagi  bekerja dengan baik.

Hal yang  berbeda  terjadi di Samsung Galaxy S8. Layarnya tetap nyala, dan layarnya  masih sedikit mengalami lecet  dan goresan.  Bahkan  sama sekali terlihat  baik-baik saja, seperti tidak  terjadi sesuatu.

Bagi Anda yang membeli  dan memiliki smartphone terbaru  Apple dan Samsung tersebut, kedua perusahaan  tersebut menjual berbagai macam cover pelindung dan  casing  untuk Galaxy S8  dan iPhone 7 seperti cover  silikon, cover transparan, keyboard cover, penutup Alcantara dan casing tangguh lainnya . Bagaimana pun,  aksesoris ini dapat membantu dalam melindungi layar dari  iPhone 7 dan Galaxy S8 dari resiko  kerusakan karena terjatuh. (Nariswari)

Sumber: Gizmochina