pulsa-logo

DOKU Ikut Sosialisasikan Salam Al Azhar


Arief Burhanuddin

Sabtu, 08 April 2017 • 19:15

elektronik lokal ,komunitas Al Azhar


 

              (dari kiri ke kanan) Irfan Burhan (VP Merchant Business DOKU), H.Budiyono (Ketua Pendidikan YPI Al Azhar), H. Muhammad Suhadi (Ketua Umum YPI Al Azhar), Bambang D. Cahyono (Executive Director Salam Al Azhar), Syarif Hidayat (Founder & CEO iGlobal).

Jakarta, 7 April 2017– DOKU, penyedia solusi pembayaran elektronik lokal pertama di Indonesia, menjalin kemitraan dengan dengan Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar (YPI) untuk menghadirkan aplikasi Salam Al Azhar. Aplikasi ini adalah rumah besar komunitas Al Azhar yang berbasis teknologi digital yang didedikasikan untuk memberikan kemudahan akses ke beragam aplikasi pendidikan, kemudahan pembayaran dan lifestyle.

“Aplikasi Salam Al Azhar adalah bentuk komitmen DOKU untuk terus memperluas ekosistem “cashless society” di tanah air, tak terkecuali untuk sektor pendidikan,” jelas Irfan Burhan, VP Merchant Business DOKU.

Salam Al Azhar sendiri, disebut  Ketua Umum YPI Al Azhar,  H. Muhammad Suhadi, sebagai sebuah “rumah besar komunitas” berbasis teknologi digital terkini yang hadir berkat Joint Operation antara  DOKU, PT. Indoglobal Nusa (iGlobal) dan Persyarikatan Al Azhar.

"Ini adalah sebuah terobosan terbaru yang hadir untuk merangkul seluruh komunitas keluarga besar Al Azhar  dimanapun mereka berada, untuk dapat bergabung, bersilaturahmi dan saling memberikan manfaat bagi sesama dan masyarakat luas," katanya.

Ia menambahkan, Salam Al Azhar adalah persembahan YPI Al Azhar bagi komunitasnya, baik yang berasal dari ranah pendidikan, sosial, dakwah maupun usaha.


"Dengan bantuan teknologi digital kita telah mampu mengatasi kendala perbedaan jarak dan waktu. Dan ini adalah persembahan dari Al Azhar untuk Al Azhar dengan manfaat yang nantinya juga bisa dirasakan oleh masyarakat luas,” lanjut Muhammad Suhadi.

Salam Al Azhar telah beroperasi secara resmi sejak 14 November 2016 dengan  aktivitas awal untuk mendukung aktivitas PMB (Pendaftaran Murid Baru) dan beragam pembayaran uang pangkal, uang sekolah dan donasi bagi para murid Sekolah Islam Sekolah Al Azhar secara online, baik dari smartphone, komputer/laptop ataupun aplikasi mobile berbasis Android dan Apple.

"Saat ini, pemanfaatan ICT di dunia pendidikan telah meluas ke berbagai jenis layanan  mulai dari Input nilai online, print raport digital, e-learning, Online Courses, e-library,  hingga ke hal yang rutin sehari hari, seperti Info jadwal ulangan, jadwal belajar atau membeli buku pelajaran di koperasi sekolah secara online.  Dengan aplikasi Salam Al Azhar yang merupakan co-branding dari platform sistem pendidikan modern (LEKAR Apps) pengguna tidak hanya dapat memanfaatkan smartphone untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk belajar, mendapat informasi, bertransaksi, dan mendukung gaya hidup," ungkap Syarif Hidayat, Founder dan CEO PT. Indoglobal Nusa (iGlobal)yang merupakan salah satu bagian dari JO (Joint Operation) Salam Al Azhar.

Salam Al Azhar powered by DOKU didesain sebagai sebuah layanan komunitas yang tak hanya mudah untuk diakses, tetapi juga sangat lengkap. Melalui aplikasi ini pengguna tidak hanya bisa berkomunikasi dengan sesama anggota komunitas tetapi juga mendapat informasi.

“Boleh dibilang, ini adalah salah satu layanan komunitas pertama yang mampu menyatukan berbagai elemen. Oleh karenanya kami membuat ini lebih istimewa," jelas Irfan.

Untuk itu, Irfan menambahkan, sejumlah fitur unggulan pun dibenamkan DOKU di aplikasi ini termasuk layanan pendaftaran sekolah, laporan kegiatan sekolah, layanan Informasi nilai, konseling pendidikan, pembayaran uang formulir, SPP bulanan, hingga pembayaran ZISWAF (zakat Infaq, sedekah dan wakaf). Itu belum termasuk beragam layanan pendukung gaya hidup, kuliner, travel, leisure, Investasi, belanja, jaringan bioskop hingga layanan keuangan seperti e-wallet, pendanaan, pembayaran, pembelian, tarik tunai, transfer, cash reward, e-voucher dan sebagainya.

"Layanan Salam Al Azhar juga dilengkapi dengan sistem pembayaran berbasis QR code yang akan memudahkan gaya hidup penggunanya," pungkas Irfan.

 

Program Salam Al Azhar secara luas didukung oleh ratusan ribu komunitas Al Azhar yang terdiri dari murid sekolah, jamiyyah Al Azhar, guru dan pegawai sekolah Al Azhar, donator, jamaah, dan alumni yang segera akan terkoneksi dengan jutaan member jaringan aplikasi online payment system DOKU.