pulsa-logo

Ponsel Lentur Makin Mendekati Kenyataan


dian iskandar

Senin, 10 April 2017 • 10:08

Ponsel Lentur Makin Mendekati Kenyataan


Prototip Samsung flexible AMOLED Photo: Wikipedia Prototip Samsung flexible AMOLED Photo: Wikipedia

Untuk membuat ponsel fleksibel yang bisa ditekuk tidak hanya membutuhkan layar yang lntur, tetapi juga komponen yang lain seperti baterai yang juga harus fleksibel. Samsung, pernah disebut-sebut akan meluncurkan ponsel lentur ini pada akhir tahun ini. Tapi itu dbantah oleh para ahli dari Samsung Display yang menyebutkan bahwa ponsel lentur Samsung tak akan muncul sebelum 2019.

Nah, perkembangan terbaru terkait dengan ponsle lentur ini cukup menarik. Seperti dilansir Phonearena, sebuah chip memori fleksibel sedang dikembangkan. Sebuah makalah yang ditulis oleh para ilmuwan di University of Exeter mengungkapkan bagaimana sistem penyimpanan baru yang terbuat dari graphene bisa menggantikan Flash memori saat ini. Materi yang lebih murah dan kombinasi hibrida terbuat dari hybrid graphene oksida-oksida titanium dapat ditulis dan dibaca dari dalam hanya lima nanodetik. Komponen hybrid tersebut hanya memiliki panjang 50 nanometer dan tebal 8 nanometer.

Graphene adalah lapisan karbon tipis. Seberapatipis? Ini adalah senyawa tertipis yangdikenal manusia pada satu atom. Ini juga merupakan bahan paling ringan yang dikenal manusia dan senyawa terkuat. Sebagai konduktor listrik terbaik, tampaknya menjadi bahan yang sempurna untuk digunakan dalam perangkat elektronik termasuk smartphone. Satu-satunya elemen yang dapat ditemukan di alam semesta yanglebih dari karbon adalah hidrogen, helium dan oksigen.

Masalah, graphene membutuhkan proses yang kompleks yang diperlukan untuk menumbuhkan material. Selain itu, kualitas tumbuh graphene tidak cukup baik. Tapi Samsung telah menggelontorkan uang pada penelitian itu dan akan membantu graphene menjadi komponen utama dalam perangkat seperti smartphone. (*)

Sumber: Phonearena