pulsa-logo

Uni Eropa Tawarkan Bantuan untuk Mantan Karyawan Nokia di Finlandia


dian iskandar

Senin, 10 April 2017 • 10:10

Uni Eropa Tawarkan Bantuan untuk Mantan Karyawan Nokia di Finlandia


Logo Nokia, Sumber: networks.nokia.comLogo Nokia, Sumber: networks.nokia.com

Ini mungkin jadi salah-satu keuntungan menjadi warga di Uni Eropa, pasalnya, kawasan tersebut punya perhatian besar terhadap warganya terkait dengan PHK yang dialami oleh karyawan Nokia. Perusahaan asal Finlandia saat ini telah melalui proses restrukturisasi lengkap untuk memperbaiki bisnisnya, sehingga banyak karyawan yang diberhentikan.

Nah, sekarang, Komisi Eropa menawarkan kepada Finlandia uang sejumlah 2,6 juta Euro atau sekitar Rp36,5 miliar untuk 821 mantan karyawan Nokia Network System. Uang tersebut dimaksudkan untuk membantu para pekerja ini hingga mereka menemukan pekerjaan yang baru.

Sebagian besar uang tersebut akan digunakan untuk pembinaan karir, pendidikan dan hibah start-up untuk mantan karyawan Nokia. Jika Finlandia menerima, uang tersebut akan disediakan olehEuropean Globalisation Adjustment Fund (EFG), dan Finlania tidak perlu mengembalikannya.

Dana tersebut diberikan oleh EFG setelah Finlandia mengajukan uang tersebut berkaitan dengan Nokia dan tiga subkontraktor-nya yang harus memberhentikan hampir 1.000 karyawan, yang merupakan hasil dari “persaingan sengit sektor ICT Finlandia dan pesaingnya”. Finlandia memiliki hak untuk menolak atau meminta jumlah yang lebih besar. (*)

Sumber: Phonearena