pulsa-logo

Pengiriman Chipset MediaTek Anjlok


dian iskandar

Senin, 10 April 2017 • 14:52

Pengiriman Chipset MediaTek Anjlok


Sumber gambar: MediatekSumber gambar: Mediatek

Qualcomm telahsecararesmimemperkenalkan chipset terbarunyauntukperangkat mobile yakni Snapdragon 835 di perhelatan Consumer Electronic Show (CES) 2017 yang digelar pada 5-8 Januari lalu  di Las Vegas.  Kehadiran dari processor  terbaru Qualcomm ini adalah  “ancaman nyata”  bagi MediaTek.

Benar saja, seperti dilansir Digitimes, jumlah pengiriman chipset Mediatek pada triwulan pertama mereka anjlokdi bawah 100 juta unit. MediaTek hanya mencapairebound sedikit yakni110-120 jutaunit pada triwulan  kedua 2017. 

Menurutinformasi yang diperoleh dari beberapa nara sumberindustri, tahun ini mereka mengalami penurunan sangat tajam. Ini berbanding terbalik dengan kondisi 2016 lalu.  MediaTek mengirimkan lebih dari 480 juta unit komponen  chip processor untuk perangkat smartphone di 2016. Dan ironisnya,  di tahun 2017 ini MediaTek kemungkinan besar akan mengalami penurunan tajam dikarenakanpengapalan unit processor mobile  yang mengecewakan pada paruh pertama tahun ini.

MediaTek melihat ada beberapa pelanggan utamanya termasuk Meizu, Xiaomi, Oppo dan Vivo menggeser order pasokan chip processor  mereka ke Qualcomm.  Dan wajar jika menurut Digitimes Research, Qualcomm berhasil mengelola  pangsa pasar  chip processor  mobile di  pasarChina di atas 30% pada kuartal pertama 2017, sementara pangsa pasar MediaTek mengalami penurunan hingga di bawah 40%. Dan diprediksi presentase ini akan terus anjlok, jika MediaTek tidak berupaya untuk mencari solusi dan strategi bisnis untuk merebut kembali posisinya yang kuat di  bisnis penyedia solusi processor mobile global.  (Nariswari)

Sumber: Digitimes