pulsa-logo

Apple Terus Pepet Android di AS, Tapi Merosot di Cina


dian iskandar

Jum'at, 14 April 2017 • 11:13

iOS,Android,iOS vs Android,pangsa pasar Android 2017,data penjualan Android


ilustrasi, image source: sourcebits.comilustrasi, image source: sourcebits.com

Pangsa pasar perangkat iOS terus mendekati Android di Amerika Serikat. Saat in perangkat berbasis Android memang masih memimpin pangsa pasar dengan 55,9%, Menurut periset Kantar World Panel, Apple berhasil memepet sang rival dengan yang kini mencpai 42%,.  Data ini adalah hasil riset pada tiga bulan yang berakhir di Februari 2017, membandingkan periode penjualan yang sama tahunl alu.

Tapi pertumbuhan yang lumayan di Amerika Serikat tidak diikuti pasar terbesar lainnya yakni Cina. Di negeri tirai bambu, iOS kehilangan 8,9 persen pangsa pasar dalam periode satu tahun, sementara Android naik 9,3 persen. Secara keseluruhan, platform Android di Cina kian mendominasi dengan 86,4%, sedangkan iOS hanya mencapai13,2%. Angka tersebut merupakan posisi terendah Apple di Cina dalam tiga tahun terakhir.

sumber: Kantarsumber: Kantar

Situasi  yang sama juga terjadi di Jepang dan Australia dimana Apple kehilangan pangsa pasar yang cukup besar. Di Australia, pertumbuhan platform Android juga lebih cepat daripada iOS.

sumber: Kantarsumber: Kantar

Sebelumnya juga dilaporkan bahwa Samsung berhasil menyalip Apple pada penjualan smartphone di triwulan pertama tahun ini. Yang sedikit menyimpan rasa penasaran adalah apakah Galaxy S8 akan bisa mempengaruhi pasar secara keseluruhan. Kita lihat saja.(*)

Sumber: Phonearena