pulsa-logo

Pria Ini Berhasil Upgrade RAM Smartphone-nya dari 2GB ke 4GB Tanpa Masalah


dian iskandar

Sabtu, 15 April 2017 • 07:26

Pria Ini Berhasil Upgrade RAM Smartphone-nya dari 2GB ke 4GB Tanpa Masalah


Nexus 5XNexus 5X

Upgrade kinerja hardware untuk perangkat seperti PC sepertinya sudah biasa, tapi tidak dengan smartphone, apalagi yang dimaksud adalah RAM. Cerita ini bermula dari XDA Board, di mana di forum online itu berisi orang-orang yang menyenangi dunia oprek-mnegoprek. Anggota forum dengan nickname Cathair2096 diduga membeli Nexus 5X di Hong Kong, dan seperti banyak pemilik yang tidak puas, dia mengalami bootloop pada smartphone-nya dan ditakuti sepertinya garansi akan berakhir.

Alih-alih ingin menggantinya dengan smartphone yang lebih murah, dia berinisiatif mengirim Nexus miliknya ke tukang reparasi untuk dihidupkan. Setengah terkejut, dia ditawarkan untuk meng-upgrade RAM dari 2GB menjadi 4 GB.

Nexus 5X dengan 4GB RAM, sumber XDA-DevelopersNexus 5X dengan 4GB RAM, sumber XDA-Developers

Nah, hasilnya bisa Anda lihat dari gambar screenshot Nexus 5X menyandang 4 GB RAM dan menjalankan terbaru OS Nougat, benar-benar mirip keluaran pabrikan. Mungkin saja prosesornya juga bisa diganti dengan Snapdragon 808 yang sesuai dengan RAM 4GB. Tapi mungkin akan sulit mendapatkan prosesor dari sumber langsung yakni Qualcomm.Usaha ini tentu tidak mudah, yang jelas melibatkanperalatan yang tepat dan mahal. Tetapi itu mungkin tak masalah di Cina sebab di sana memiliki mesin untuk memproduksi iPhone, mungkin saja mereka bisa mendapatkan peralatan canggih untuk mengganti sistem chip.

Lalu berapa ongkos yang harus dibayar untuk mengganti RAM tersebut? Kabarnya hanya mencapai sekitar 60 dolar AS atau setara Rp700 ribuan. Lumayan murah ketimbang harus membeli smartphone baru. (*)

Sumber: XDA-Developers via Phonearena