pulsa-logo

Perban Berteknologi 5G Ini Bisa Memberitahukan Kondisi Pasien


Arief Burhanuddin

Senin, 17 April 2017 • 14:01

perban pintar, teknologi 5g, smart bandage


Universitas Swansea, Inggris sebagaimana PULSA kutip dari PhoneArena dikabarkan akan melakukan serangkaian percobaan alat medis baru pada tahun depan. Alat medis bernama Smart Bandage atau Perban Pintar tersebut nantinya akan dibekali dengan koneksi cepat 5G yang akan memungkinkannya untuk mengirimkan laporan tentang kondisi luka yang diderita sang pasien langsung kepada dokter atau tenaga kesehatan lainnya.

 

Perban ini nantinya akan dibekali oleh sensor berukuran nano yang akan memeriksa perkembangan luka yang diderita oleh pasien. Berbekal laporan dari perban pintar tersebut, dokter kemudian dapat memutuskan untuk melakukan serangkaian tindakan yang disesuaikan dengan kondisi terkini sang pasien. Dokter juga dapat melacak aktivitas sang pasien selama dalam proses penyembuhan. Tingkat penyembuhan luka umumnya akan semakin cepat bila peredaran darah di sekitar area luka cukup lancar.

 

Kepala Institute of Life Science, Prof. Marc Clement menegaskan,” Pembalut luka cerdas tersebut nantinya akan memanfaatkan teknologi penginderaan nano yang akan memeriksa kondisi luka pada jangka waktu tertentu. Pembalut luka tersebut nantinya akan tersambung ke infrastruktur 5G. Dengan memanfaatkan ponsel, Anda dapat mengecek kondisi tubuh Anda termasuk dimana saat ini Anda sedang berada dan seberapa aktif tubuh Anda bergerak dalam satu titik waktu. Kombinasi kedua informasi tersebut nantinya akan dapat digunakan oleh petugas klinik untuk menentukan bentuk perawatan terhadap luka yang disesuaikan dengan pedoman pengobatan masing-masing inpidu yang tengah menjalani perawatan tersebut.  ”

 

Guna memproduksi perban pintar ini, para pakar teknologi nano nantinya akan berupaya untuk membuat sensor nano yang sanggup membaca kondisi luka pasien. Sementara perbannya sendiri akan dicetak menggunakan sebuah printer 3D agar dapat lebih menghemat biaya. Profesor Clement menambahkan ada sekitar satu juta orang di Welsh Wound Innovation Centre yang akan siap membantu melakukan pengujian perban pintar ini. 


 

Sumber: Phone Arena