pulsa-logo

Pengen Lepas dari Kecanduan Smartphone? Coba 3 Aplikasi Ini!


Galing

Senin, 17 April 2017 • 16:58

Aplikasi Distraction Free,aplikasi BreakFree Cell Phone Addiction, aplikasi Flipd, kecanduan smarphone, kecanduan gadget


Ada banyak faktor yang jadi penyebab seseorang kecanduan ponsel. Menurut sebuah kajian terbaru, rata-rata orang menyentuh layar ponselnya sebanyak 2.617 setiap harinya. Pengguna yang telah kecanduan berat bahkan dapat menghabiskan waktu antara tiga hingga empat jam bermain ponsel dalam seharinya. Nah jika Anda termasuk salah seorang yang kecanduan bermain ponsel, berikut tiga aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan kecanduan tersebut.

( OffTime ) – Distraction Free

Salah satu kerugian kecanduan bermain ponsel yang sering pengguna rasakan antara lain adalah membuat mereka susah berkonsentrasi serta memfokuskan perhatian. Dengan aplikasi OffTimes, Anda dapat membuat beragam opsi pemakaian ponsel yang dapat Anda sesuaikan dengan situasi dan kondisi tertentu. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menetapkan profil pemakaian ponsel yakni pada saat harus fokus kerja, pada saat bersama keluarga, pada saat tengah sendiri atau meminimalisir gangguan pada saat tertentu.

Contohnya Anda dapat menonaktifkan beberapa aplikasi yang dapat mengganggu konsentrasi kerja Anda ketika sedang berada di kantor. Anda dapat menentukan supaya ponsel dapat tetap menerima panggilan telepon dan SMS, namun tidak menerima notifikasi apapun dari jam delapan pagi hingga jam lima sore misalnya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur analitik yang akan membantu Anda melacak perilaku dan pemakaian aplikasi pada perangkat Anda agar dapat menjaga semangat Anda untuk terus membangun kebiasaan memanfaatkan waktu yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi Android dan iOS.

BreakFree Cell Phone Addiction

BreakFree adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk melacak pola pemakaian aplikasi pada ponsel Anda serta memberikan skor tingkat kecanduan Anda terhadap ponsel. Anda juga dapat melihat bentuk-bentuk pola pemakaian aplikasi pada ponsel dengan skor tingkat kecanduan bermain ponsel yang ada di bawah Anda. Dengan demikian, penguna bisa mendapatkan petunjuk yang diperlukan agar dapat mengurangi skor kecanduan yang didapat saat ini di masa yang akan datang. Pola pemakaian aplikasi yang diberikan meliputi jenis aplikasi apa saja yang sering Anda pakai, frekuensi penggunaannya dalam sehari serta keterangan lainnya yang lebih rinci.


Melalui aplikasi ini pengguna dapat melihat aplikasi apa saja yang sering mereka gunakan, seberapa sering mereka memakai ponsel untuk membuka aplikasi tersebut beserta pola panggilan telepon yang Anda lakukan. Sebuah fitur bernama Sato akan membantu Anda mengatasi  kecanduan ponsel dengan mengingatkan kepada pengguna ketika Anda mulai menunjukkan perilaku kecanduan seperti menjalankan aplikasi dalam jangka waktu lama atau membuat panggilan telepon secara berlebihan dengan ponsel Anda. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan pengaturan telepon yang dibutuhkan untuk menyembuhkan kecanduan Anda dalam bermain ponsel seperti memutuskan sambungan internet, menolak panggilan telepon hingga mengirimkan balasan SMS otomatis.

Flipd

Jika kedua aplikasi diatas gagal mengatasi kecanduan Anda terhadap ponsel, maka Flipd adalah aplikasi yang bisa Anda jadikan sebagai solusi terakhir. Aplikasi ini memiliki dua mode penyembuhan kecanduan ponsel yang sangat manjur.

Mode pertama yang relatif mudah adalah Casual Lock yang akan menantang Anda untuk tidak menggunakan ponsel dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan mode kedua yang lebih ketat adalah Full Lock yang akan membuat ponsel Anda tidak bisa digunakan hingga jangka waktu yang bisa Anda tentukan sebelumnya.

Jika Anda memilih mode Full Lock, ponsel Anda tidak akan dapat digunakan meski Anda sudah melakukan restart sekalipun. Jika jenis pekerjaan yang Anda geluti membutuhkan pemakaian ponsel dalam frekuensi yang sangat tinggi, PULSA sangat menyarankan Anda untuk tidak mencoba mode ini.