pulsa-logo

Waduh, Xiaomi Mi 6 Akan Dibekali Tombol Home Murahan?


Nariswari

Selasa, 18 April 2017 • 09:21

Harga Xiaomi Mi 6 , spesifikasi Xiaomi Mi 6,Xiaomi Mi 6 Plus


Foto:gizchinaFoto:gizchina

Tepat sehari lagi,  kita semua akan melihat  pengumuman resmi dari Xiaomi Mi 6 dan Xiaomi Mi 6 Plus  yang merupakan smartphone unggulan terbaru dari Xiaomi.  Selain  menghadirkan  keunggulan desain  premium, Xiaomi  juga menghadirkan   beberapa  fitur dan  hardware  mantap di Xiaomi Mi 6 dan Xiaomi Mi 6 Plus   seperti misalnya  settingan  dual kamera , prosesor , RAM dan sebagainya. 

Namun  sebuah   postingan terbaru  yang dimuat hari ini di Weibo mengenai beberapa komponen hardware yang akan hadir di Xiaomi Mi 6 dan Xiaomi Mi 6 Plus terbilang cukup mengejutkan. Berita yang terungkap tersebut tentunya akan melahirkan masalah besar di kemudian hari jika memang benar adanya. Komponen yang dimaksud tersebut adalah soal tombol Home perangkat yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari.

Menurut bocoran terbaru dari seorang analis perangkat elektronik bernama Sun Changxu yang dikutip oleh GizChina pada akun Weibo miliknya menjelaskan  bahwa  Xiaomi Mi 6 dan Xiaomi Mi 6 Plus nantinya bakal menggunakan pemindai sidik jari ultrasonik yang menyerupai dengan model yang dipakai oleh sang pendahulunya, Xiaomi Mi5s.

Bagian panel pemindai sidik jari ini tertanam di bawah kaca depan panel perangkat sebagaiimana yang terdapat pada iPhone 7. Cara kerja tombol yang juga berfungsi sebagai tombol fisik Home ini bukanlah ditekan, melainkan cukup dengan disentuh saja. Dalam melakukan tugasnya, tombol Home di Xiaomi Mi 6 dan Xiaomi Mi 6 Plus  menggunakan  semacam  motor linear yang diperlukan untuk memberikan umpan balik  (feedback) sensor getaran dengan cara yang sama persis seperti yang bisa Anda temui di iPhone 7 .

Sementara itu seorang analis lain bernama @Mocha RQ melalui akun Weibo juga menyebutkan bahwa perbedaan harga komponen motor linear iPhone 7 yang  mencapai USD $10 setiap unitnya atau setara dengan 135 ribuan dibanding komponen  motor linear Xiaomi yang hanya senilai di bawah  USD $ 1 alias setara dengan Rp. 13.500 saja.

Perbedaan  harga ini tentu  berbanding lurus dengan kualitas  dan tingkat sensitivitas tombol depan pada perangkat Xiaomi Mi 6 dan Xiaomi Mi 6 Plus dalam memberikan respon getaran dan sentuhan jari bila dibandingkan dengan iPhone 7. Akankah keputusan Xiaomi untuk menggunakan komponen dengan harga lebih murah ini akan menuai masalah di kemudian hari? (Nariswari)

Sumber