pulsa-logo

Peluncuran iPhone 8 Bisa Tertunda Gara-Gara Masalah TouchID


Arief Burhanuddin

Rabu, 19 April 2017 • 13:26

apple, iphone, iphone 8, touchID, harga iphone


Apple dikabarkan akan segera  memperkenalkan  iPhone 8 pada bulan September 2017. Sejumlah fitur baru yang akan dibawa oleh Apple di iPhone 8. Dari  banyak desas-desus yang bersumber dari analis dan publikasi di media  menyebutkan bahwa Apple akan merilis iPhone 8 dengan layar berjenis OLED. Namun di balik  kabar tentang penggunaan layar OLED tersebut, muncul kabar kurang mengenakkan seputar peluncuran iPhone 8. Kabrnya, iPhone generasi terbaru Apple ini  kemungkinan akan  tertunda peluncurannya karena  masalah TouchID. 

 

Seperti dilansir dari Phone Arena   teori yang berkembang adalah bahwa Apple ingin menanamkan sensor TouchID di bawah layar dan pada dasarnya ingin “menyembunyikannya” di bawah layar. Namun masalah utama yang akan ditemui oleh Apple  terkait dengan TouchID ini adalah pengapliokasian TouchID di bawah layar akan sulit dipenuhi dalam jadwal yang ditetapkan oleh Apple. Salah satu alasannya adalah karena tingkat kesulitan dan kerunitan yang tinggi dalam memproduksi OLED dengan TouchID.  Hal ini senada dengan yang pernah diungkapkan oleh seorang analis  Macotakara, bahwa semua prediksi analis tentang OLED yang disertakan di iPhone 8 membutuhkan waktu lebih lama dalam proses pengadaan pasokannya. 

 

Kecuali jika Apple ingin mengubah desain TouchID  dengan menghadirkan  panel di bagian belakang ponsel. Namun nyatanya iPhone 8 tetap akan menghadirkan optimalisasi layar, termasuk dengan otentifikasi TouchID.  

 

Menurut  Andy Hargreaves, yang  merupakan  analis Pacific Crest Securities, hal tersebut  bisa menjadi pilihan desain bagi  Apple. Dalam sebuah catatan penelitian bersama dengan MacRumors, Hargreaves mengatakan bahwa Apple menghadapi pilihan kemungkinan sulit untuk mempertahankan konsep desain TouchID tertanam di bawah layar namun peluncuran iPhone 8 tertunda,


 

penghapusan penginderaan sidik jari pada OLED di iPhone 8 atau pilihan lain yaitu menempatkan panel TouchID di bagian belakang  iPhone 8. 

 

Namun Apple sepertinya tidak memiliki pilihan  lain  untuk tetap menghadirkan TouchID  untuk menghadirkan fitur  keamanan dan privasi pengguna. 

 

Hargreaves memprediksi bahwa jika Apple menemukan masalah produksi OLED yang dibekali dengan TouchID  di bulan depan, kemungkinan Apple akan  menunda peluncuran iPhone 8 . Dan ini adalah pilihan yang cukup sulit. Karena lahiranya iPhone 8 memang dipersiapkan untuk  merayakan ulang tahun ke-10 iPhone yang jatuh di bulan September. (Nariswari) 

 

Sumber foto: Iphone Hacks