pulsa-logo

Mediatek akan Kurangi Produksi Processor 28nm, Mengapa?


dian iskandar

Kamis, 20 April 2017 • 16:09

Mediatek akan Kurang Produksi Processor 28nm, Mengapa?


ilustrasi, sumber: Gizchinailustrasi, sumber: Gizchina

Beberapa  waktu  yang lalu,  beredar kabar bahwa Mediatek telah mengurangi sebagian besar pesanan untuk chipsetprocessor andalannya yang diproduksi dengan teknologi  28nm (sepertiMediatekHelio P10 / Helio P15 SoC). Bahkan Mediatek  berencana untuk sepenuhnya mengakhiri produksijenis chip processor  versi tersebut  dalam beberapa minggu mendatang.

Seperti dilansir dari Gizchina,  jumlah penguranganproduksi chipset processor  saat ini mencapai 20.000 papan(sekitar 30% dari pesanan papantotal merekasejak  bulan Juni, Juli, dan Agustus).

Rumor lain  mengatakan bahwa perusahaanpemasok processor mobile yang berbasis diTaiwantersebut terpaksa untuk  memutuskan untuk  mengurangi produksi  processor Mediatek 28nm, karena  keputusan ini perlu diambil oleh   Mediatek  untuk lebih fokus pada produksi chip 16nm yang dianggap lebih efisien.

Mediatek juga menilai bahwa versi  chip processor 16nm lebih mudah dalam memproduksinya dan semata-mata  dianggap “lebih strategis” untuk dipasarkan, termasuk ke lebih banyak digunakan ke  smartphone kelas menengah.  Dan hadirnya  chip processor 16nm adalah kompetitor sengit dari  processor  besutan  Qualcomm  yang menyasar smartphone  kelas menengah yakni chipset Snapdragon 626 dan Snapdragon 660.

Namun ada pihak yang bersikukuh bahwa Mediatek  akan tetap bersikap konservatif, setelah hasil keuangan baru-baru ini (Q1 2017) yangdirilis oleh Mediatek  yang  menunjukkanadanya indikasikenaikan pendapatan sebesar 0,3%.(*)

Sumber: Gizchina