Atrk

Facebook akan Punya Fitur Kamera dengan AR

  • Nariswari
  • Thursday, 20 April 2017 17:27
  • Published in News

ilustrasi Facebook Space, sumber: Liliputingilustrasi Facebook Space, sumber: Liliputing

Facebook baru-baru ini menambahkan fitur kamera ke semua aplikasi mobile-nya, memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengambil foto atau mengambil gambar video (dengan modus live video)  dan membaginya (men-share)  dengan teman Anda. 

Seiring waktu, Facebook juga  menerapkan efek real-time termasuk bingkai (frame), berbagai efek  maskingvirtual, dan memberikan berbagai  efek  gaya ke dalam foto Anda. Dan kabar  terbaru yang dilansir dari  Liliputing menyebutkan bahwa  kini Facebook mengatakan bahwa mereka  sedang membuka platform  baru  di fitur kamera Facebook  sehingga pengembang bisa membangun aplikasi pihak ketiga yang menggunakan kamera di dalamnya. Lalu apa hal baru yang dihadirkan oleh Facebook di kameranya? Ternyata adalah dukungan platform Augmented Reality (AR).

CEO Facebook,  Mark Zuckerberg mengatakan bahwa  Facebook berupaya untuk  menjadikan kamera sebagai platform AR  yang pertama yang dihadirkan di aplikasi instant messaging dan  social media seperti Facebook. Dan menurut Mark, hal ini sangat  menarik untuk dihadirkan, ketimbang menuntut pengguna untuk   menggunakan kacamata atau headset tambahan.

Tentu saja, ini bukan hal bar.  Mengingat  beberapa fitur Facebook yang ada sepertinya terinspirasi oleh Snapchat. Dan pengembang di Facebook  telah menggunakan kamera smartphone untuk overlay item virtual pada pengalaman AR  selama bertahun-tahun. Dan kini Facebook  nampaknya  mulai berani untuk mengatakan bahwa  perangkat lunak dan perangkat keras  mereka  akan  mulai memungkinkan  terwujudnya platform AR di Facebook.

Dan Facebook meluncurkan  versi  beta  dari tools  untuk pengembang  terkait dengan platform AR yang dihadirkan di fitur kameranya  di  hari ini.Beberapa contoh yang dipamerkan Facebook saat  konferensi pengembang F8 meliputi:

1.       Permainan dan grafis yang bisa disesuaikan dengan setting  Augmented Reality (AR)  misalnya gambar ikan yang  bisa berenang-renang  di mangkok sereal Anda.

2.       Efek real-time dapat diterapkan pada foto atau video, misalnya Anda  bisa menambahkan  berbagai efek unik di  foto atau video Anda  mulai dari aksesoris,  tatanan  rambut , memberikan riasan wajah, atau aksesori lainnya.

3.       Anda bisa memberikan catatan  virtual berbasis lokasi yang terkait dengan lokasi yang sangat tepat dan mudah. Bahkan semudah Anda  seperti meninggalkan  catatan di kulkas atau memberikan  komentar yang ditinggalkan di samping menu restoran agar teman mengetahui item mana yang Anda rekomendasikan bahkan saat Anda tidak berada di sana.

Facebook juga memamerkan beberapa fitur baru yang dirancang untuk VR, yang tidak mengherankan karena perusahaan jejaring sosial raksasa  tersebut juga memiliki  headset  VR Oculus Rift. Untuk menyegarkan ingatan Anda,  Facebook   waktu itu  menggarap  headset Oculus Rift VR dengan  bermitra bersama  Samsung yang  sama-sama menggarap  platform Gear VR.

Salah satu pengalaman VR baru yang paling menarik disebut Spaces, dan pada dasarnya merupakan alat komunikasi berbasis virtual reality yang memungkinkan Anda membuat ruang virtual, menggabungkan item virtual yang dapat Anda berinteraksi dengan cara unik  dan terlibat dengan kontak Facebook Messenger  Anda  dengan mengundang mereka ke dalam Space  sehingga avatar Anda bisa berkomunikasi secara real-time. (Nariswari)

Sumber: Liliputing

 

Rate this item
(0 votes)