pulsa-logo

Xiaomi Belum Mau Jajaki Pasar AS


dian iskandar

Selasa, 25 April 2017 • 08:51

Xiaomi Belum Mau Jajaki Pasar AS


 

PhonearenaPhonearena

Xiaomi telah beroperasi enuh di 30 Negara dan sebagian besar adalah Negara berkembang dengan potensi pertumbuhan lebih besar besar daripada pasar Amerika Serikat (AS) yang jenuh.

Meski begitu, bukan berarti produk Xiaomi tidak ada di AS juga Eropa. Pengguna di kedua kasawan itu tetap bisa mendapatkan produk Xiaomi lewat jalur tak resmi. Kejadian ini mirip di Indonesia sebelu Xiaomi secara resmi bisa memenuhi TKDN.

Seperti dilansir Phonearena, dalam sebuah wawancara dengan VP Global Wang Xiang, sang eksekutif mengakui bahwa ekspansikepasar AS masih belum diprioritaskan.Ini bukan kabar baik bagi penggemar Xiaomi di AS. Meskipun mereka bisa mendapatkan Xiaomi lewat jalur tak resmi, tetapi ada resiko seperti harga yang lebih mahal, kadang-kadang garansi dan layanan pelanggan tak memuaskan, dan ketidakcocokan dengan jaringan di AS.

Xiaomi belum memikirkan langkah penjuaan langsung ke konsumen, seperti yang telah dilakukan oleh Huawei dan OnePlus dan cukup berhasil. Xiaomi meyakini langkah tersebut akan membuat beresiko bagi reputasi merek dan berpotensi melukai hubungannya dengan operator AS, semuanya untuk keuntungan jangka pendek.

Dengan demikian, Xiaomi menunggu kesempatan yang tepat untuk memasuki pasar AS seperti yang dilakukan perusahaan-perusahaan besar lainnya. Selain itu, Xiaomi belum memiliki sumber daya rekayasa untuk menyesuaikan perangkatnya pada jaringan operator AS dan melalui pengujian ekstensif yang diberlakukan bagi smartphone baru.(*)

Sumber: Phonearena