pulsa-logo

Samsung Siap Kembangkan Produksi Chipset 10nm Generasi Terbaru


dian iskandar

Selasa, 25 April 2017 • 20:43

Samsung Siap Kembangkan Produksi Chipset 10nm Generasi Terbaru


ilustrasi, sumber: Techfragilustrasi, sumber: Techfrag

Samsung Electronics telah mengumumkan bahwa teknologi proses  produksi  chipset 10nm  generasi kedua,  yang  akan disebut dengan 10LPP (Low Power Plus), telah memenuhi syarat dan siap  untuk produksi massal.

Dengan peningkatan lebih lanjut pada struktur 3D FinFET, 10LPP memungkinkan kinerja  lebih efisien  dan lebih cepat hingga 10%  atau konsumsi daya 15% lebih rendah  jika dibandingkan dengan proses 10LPE generasi pertama (Low-Power Early) dengan skala area yang sama.

Seperti dilansir  dari  Digitmes, Samsung memulai produksi massal produk system-on-chips (SoCs)  10LPE pada bulan Oktober 2016.  Dan perlu Anda ketahui, bahwa  smartphone terbaru Samsung yakni  Galaxy S8 didukung oleh  SoC ini.

Untuk memenuhi permintaan jangka panjang untuk proses 10nm untuk berbagai pelanggan, Samsung telah mulai memasang  berbagai infrastruktur  produksinya di Hwaseong, Korea yang disebut dengan jalur S-3. Jalur S-3 diharapkan akan siap untuk   produksi pada kuartal keempat tahun 2017.

Menurut  keterangan dari beberapa narasumber di  rantai  pasokan  chipset Samsung  10LPP akan menjadi salah satu proses utama  Samsung   untuk aplikasi mobile, komputasi dan jaringan berkinerja tinggi, dan Samsung akan terus menawarkan proses  teknologi  paling maju bagi pengguna.

Hal ini senada dengan  yang diungkapkan oleh  Ryan Lee (VP Marketing  Foundry  Samsung) yang menyebutkan bahwa   berbekal dengan pengalaman produksi 10LPE yang sukses, Samsung  telah memulai produksi 10LPP untuk mempertahankan kepemimpinannya  di pasar chipset yang  canggih. (Nariswari)

Sumber: Digitimes