pulsa-logo

Huawei Geser Oppo, Xiaomi Anjlok


Arief Burhanuddin

Rabu, 26 April 2017 • 11:49

Huawei, Xiaomi Anjlok, Oppo, harga dan spesifikasi


Foto: GSM arenaFoto: GSM arena

Huawei sekali lagi menguasai pasar smartphone terbesar di dunia, Cina. Penjualan mereka di negara asalnya tersebut telah melonjak menjadi 21 juta unit dalam tiga bulan pertama tahun ini, menyumbang 18% dari proporsi pasar. Pergerakan Huawei ini sekaligus juga menggeser Oppo, yang terdegradasi ke posisi kedua dengan penjualan sebesar 20 juta unit. HAl ini terlepas dari kenyataan bahwa penjualan Oppo sebenarnya tumbuh secara agresif sebesar 55% dari tahun ke tahun.

Vivo menempati peringkat 3 untuk Q1 2017, dengan pangsa pasar 15% dan pengiriman sebanyak 17 juta unit. Jika digabung, ketiga vendor yang ada di peringkat atas tersebut menyumbang lebih dari 50% angka pengiriman untuk pertama kalinya, yang merupakan pertanda bahwa pasar China sedang mengalami konsolidasi.

Fakta yang sedikit diketahui orang adalah bahwa Oppo and vivo, keduanya merupakan anak perusahaan dari perusahaan yang sama yaitu BBK Electronics (bersama dengan OnePlus), jadi jika kita menghitung penjualan dari perusahaan BBK secara total maka mereka akan menjadi No.1 di China saat ini. Tapi karena Oppo, vivo, dan OnePlus sebenarnya adalah perusahaan perorangan dan bukan hanya sebagai pisi dari BBK, maka para analis menghitung hasilnya secara terpisah.

Sementara itu, di kuartal pertama tahun ini, Apple menempati urutan keempat, sementara Xiaomi berada di urutan kelima dengan hanya mengirim 9 juta perangkat. Posisi Xiaomi melorot cukup jauh dari posisi ketiga di kuartal yang sama tahun lalu. Ditengarai, Xiaomi menghadapi tekanan dari sub brand Honor milik Huawei yang memiliki rentang harga sama, dan juga dari strategin pemasaran Oppo and vivo yang tanpa henti. Total, 114 juta smartphone dikirim ke China pada kuartal pertama, demikian menurut Canalys.

Sumber artikel dan foto: GSM Arena