pulsa-logo

Huawei Akhirnya Berhasil Salip Oppo di Cina


dian iskandar

Kamis, 27 April 2017 • 19:57

Huawei Akhirnya Berhasil Salip Oppo di Cina


Kantor Huawei di Jakarta, foto: Tabloid PULSA/iskKantor Huawei di Jakarta, foto: Tabloid PULSA/isk

Perusahaan analis Canalys mengatakan bahwa selama triwulan pertama tahun ini, Huawei berhasil memuncaki produsen smartphone papan atas di Cina. Huawei sebelumnya harus mengakui kehebatan Oppo dalam dua triwulan.

Periode Januari sampai Maret, Huawei mengirimkan 21 juta handset di Cina sehingga berhasil merebut pangsa pasar 18%. Sedangan Oppo yang berada di posisi kedua mengirim 20 juta unit, alias hanya terpaut sedikit.Posisi ketiga besar vendor smartphone di Cina dipegang oleh Vivo dengan 17 juta pengiriman. Posisi Xiaomi yang tahun lalu (triwulan yang sama) sempat bertengger di posisi ketiga, kini harus mengekor diposisi keima tepat di bawah Apple. Menurut, analis Canalys Lucio Chen, Xiaomi hanya mengirimkan 9 juta unit dari Januari sampai Maret.

Xiaomi harus meninggalkan statusnya sebagai pabrikan handset dengan harga terjangkau dan menjadi merek aspirasional seperti Apple.Perusahaan aspirasional menggunakan harga tinggi atau tidak terlalu banyak memasok unuk memastikan tidak semua orang mampu membeli produknya.

Menariknya, ketiga besar pabrikan smartphone (Huawei, Oppo dan Vivo) mengantongi lebih dari 50% pengiriman untuk pertama kalinya pada kuartal ini. PAdahal, pada kuartal yang sama tahun lalu, Huawei memimpin dengan Vivo yang kedua dan Oppo keempat, ketiganya hanya mengambil 42% dari pasar.

Sebanyak 114 juta smartphone telah dikirim selama tiga bulan pertama tahun 2017. Ini berarti ada kenaikan pengiriman 9% dari tahun ke tahun.(*)

Sumber: Canalys via Phonearena