pulsa-logo

Marshmallow, Aplikasi untuk Mengawasi Kegiatan Pada Smartphone Anak


dian iskandar

Selasa, 02 Mei 2017 • 19:51

Marshmallow, Aplikasi untuk Mengawasi Kegiatan Pada Smartphone Anak


Baru sebulan sejak  Google merilis aplikasi kontrol orang tua,yang dinamakan  aplikasi GoogleFamily Link, kini melanjutkan trenaplikasi kontrol tersebut  yang makin banyak digunakan oleh pengguna , Samsung  juga merilis aplikasi kontrol parental  yang dinamakanMarshmallow. Ya, Marshmallow. Namun ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan  salah satu versi Android lho ya.

Dilansir dari  TheAndroidSoul, Samsung Marshmallow adalah aplikasi manajemen smartphone untuk anak-anak, selain menjadi aplikasi kontrol orang tua yang mudah digunakan. Dirancang untuk digunakan bersama oleh orang tua dan anak-anak, aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan dan kebiasaanpenggunaan  smartphoneuntuk  anak-anak, dengan menawarkan  semacam reward kepada mereka.

Bagi orang tua, aplikasi Marshmallow memungkinkan mereka memilih aplikasi yang dapat digunakan oleh anak dari aplikasi yang terpasang pada perangkat mereka. Mereka dapat mengunci aplikasi yang tidak mereka anggap  belum sesuai untuk usia mereka atau alasan apa pun. Selanjutnya, seorang anak hanya bisa menggunakan 8 aplikasi dalam mode Marshmallow. Dan asyiknya lagi,  orang tua bisa mengatur waktu tidur untuk anak mereka.Sehingga bisa mengontrol  penggunaan smartphone, dan  bisa mengurangi resiko  kecanduan  smartphone di anak-anak.

Aplikasi ini memungkinkan seorang anak untuk menetapkan peraturan penggunaan untuk diri mereka sendiri dan jika seorang anak memperhatikannya dengan benar, mereka akan mendapatkan semacam reward  dan bonus/ pointambahan di aplikasiMarshmallow. Bila anak memiliki cukup poin  di aplikasi  Marshmallow, seorang anak dapat meminta orang tua untuk menebus reward dan poin  milik  mereka untuk membeli aplikasi  yang direferensikan di aplikasi  Marshmallow.

Selanjutnya, orang tua dan anak dapat memeriksa laporan harian dan mingguan tentang penggunaan aplikasi di perangkat  seluler dengan menggunakan  aplikasi Marshmallow. Namun, Anda harus mendownload aplikasi terpisah di perangkat anak Anda untuk melacak penggunaannya.

Jika Anda memikirkannya secara praktis, aplikasi tidak masuk akal, karena anak-anak bisa mengatur peraturan penggunaannya sendiri. Namun, memang  ada baiknya  aplikasi ini  digunakan untuk  memberikan  semacam control bagi anak, latihan untuk bertanggung jawab, control terhadap diri sendiri,  memberikan semacam  penghargaan, dan nilai positif bagi anak.

Sejauh ini, aplikasi  ini  eksklusif  hadir  untuk pengguna Samsung Galaxy  dan saat ini hanya mendukung beberapa  model smartphone berikutini yakni  Samsung  Galaxy S8 / S8 + / S7 / S7 + / S6 / S6 Tepi / S6 Tepi + / S5 / Note5 / Note4 / A5 / A7 / A8 / A9 / J3 / J5 / J7.(Nariswari)


Sumber: TheAndroidSoul