pulsa-logo

Microsoft Luncurkan Windows 10 S, Khusus Perangkat Entry Level


dian iskandar

Rabu, 03 Mei 2017 • 14:07

Microsoft Luncurkan Windows 10 S, Khusus Perangkat Entry Level


Setelah ditunggu-tunggu,  akhirnya  Microsoft telah meluncurkan versi baru Windows 10. Disebut sebagai Windows 10 S, sistem operasi  ini ditujukan terutama untuk PC entry level dengan spesifikasi standar, terutama untuk membidik pengguna pelajar dan sektor pendidikan.

Seperti dilansir dari GSMArena, Microsoft  menyebutkan bahwa  Windows 10 S telah disederhanakan untuk dapat berjalan pada komputer kelas low-end dengan persyaratan  spesifikasi  perangkat keras yang lebih rendah dan ukuran pemasangan komponen  yang lebih kecil.

Namun bukan berarti  Windows 10 S  tidak “powerful”.  Windows 10 S  juga dirancang untuk bekerja lebih cepat, dengan proses login sekarang hanya memakan waktu sekitar 15 detik dari booting, yang diklaim bahkan  bekerja lebih cepat daripada Windows 10 Pro yang dijalankan pada perangkat keras yang sama.

Perangkat yang menjalankan  Windows 10 S juga dapat mengkonfigurasi beberapa tools dengan USB drive. Dengan menggunakan opsi yang telah dikonfigurasikan, cukup memasukkan drive dalam sistem Windows 10 S yang  akan menjadikan PC bisa memunculkan pengaturan yang telah dikonfigurasi sebelumnya.

Salah satu perbedaan utama antara Windows 10 S dan Pro, adalah bahwa Windows 10 S hanya akan menjalankan aplikasi dari Windows Store. Pengembang harus mengemas aplikasi yang ada dan menyediakannya melalui Windows Store agar pengguna dapat mendownload  dan menjalankan di perangkatnya.

Microsoft menyebutkan bahwa  sistem operasi Windows 10 S akan muncul di PC pendidikan generasi terbaru yang dibanderol  mulai USD$ 189 (setara dengan Rp. 2,6 jutaan) dan  akan diperkenalkan  pada musim panas ini dan juga akan menyertakan berlangganan gratis ke Minecraft.

Jika saat ini ada sekolah-sekolah yang menggunakan PC berbasis  Windows Pro asli, Microsoft mengatakan bahwa  mereka akanmendapatkan Windows 10 S secara gratis. (Nariswari)


Sumber: GSMArena