pulsa-logo

ARM Rilis 'Mali-Cetus', Chip Grafis Khusus untuk Perangkat VR


dian iskandar

Rabu, 03 Mei 2017 • 16:03

ARM,chipset grafis,Mali,qualcomm,snapdragon


ilustrasiilustrasi

Apabila selama ini  Anda menggunakan sebuah perangkat pintar, ada kemungkinan besar perangkat tersebut menggunakan chip grafis besutan ARM. Dan tak hanya itu, chip grafis Mali untuk mengelola visual pada  layar perangkat. Seperti dilansir dari Phonearena, ARM baru saja mengumumkan prosesor layar terbaru mereka, yang disebut dengan  Mali-Cetus.

ARM mengkalim bahwa Mali-Cetus dapat memproses visual, grafis dan  tampilan terbaru  dengan kualitas  grafis  paling kuat sejauh ini. Chip Mali sebelum ini mampu menggerakkan layar setinggi 1440p dengan kecepatan  olah grafis  60fps, tetapi dengan teknologi baru pada chip Mali-Cetus mampu menggerakkan layar dengan resolusi sebesar 4Kx2Kpada kecepatan olah grafis  120fps. Dan tak hanya itu, Mali-Cetus dibuat dan dioptimalisasikan  untuk penggunaan  pada perangkat Virtual Reality (VR) .

Ada beberapa karakteristik kaunggulan dari chip  ARM Mali-Cetus, seperti misalnya   memiliki kemampuan untuk mendukung delapan lapisan (layer)  UI, di mana prosesor layar Mali yang sebelumnya hanya mampu mendukung tujuh lapisan saja.

Perlu Anda ketahui, prosesor layar Mali-Cetus ini juga dioptimalkan untuk penggunaan multi-window terutama untuk sistem operasi Android Nougatyang kini hadir dengan dukungan fitur tersebut.

Maka tidak heran, jika  diprediksi bahwa chip Mali-Cetus  akan digunakan pada perangkat-perangkat pintar kelas premium yang akan datang. Untuk saat ini, ARM masih belum memberikan banyak  detail tentang perangkat-perangkat  terbaru apa saja yang akan  didukung oleh Mali-Cetus  ini. Namun dengan  ARM mengumumkan Mali-Cetus ke publik,  diprediksi dalam waktu dekat  beberapa  vendor perangkat pintar  akan  membekali perangkat  generasi terbaru mereka dengan  Mali-Cetus. (Nariswari)

Sumber: Phonearena