pulsa-logo

Qualcomm Minta ITC Agar Melarang Impor iPhone ke AS


dian iskandar

Kamis, 04 Mei 2017 • 12:40

Qualcomm vs Apple,iPhone,seteru bisnis,paten,lisensi,ITC


ilustrasi, sumber gambar Trusted Reviewsilustrasi, sumber gambar Trusted Reviews

Bulan lalu, Apple memutuskan untuk berhenti membayar royalti kepada Qualcomm. Tentu langkah yang diambil Apple akan berpengaruh besar bagi Qualcomm.  

Akibatnya, seperti dilansir Phonearena, Qualcomm disinyalir sedang menyiapkan langkah untuk meminta International Trade Center (ITC) atau Komisi Perdagangan Internasional untuk menerapkan larangan impor iPhone ke Amerika Serikat (AS). Jika ini dikabulkan, makaiPhone 8 yang sangat diantisipasi tak akan bisa dinikmati di negeri Paman Sam.

Qualcomm tetap bersi keras bahwa Apple harus membayar lisensi atas paten pada smartphone dengan koneksi internet berkecepatan tinggi, walaupun tidak mengandung komponen dengan nama Qualcomm. Apple mengatakan bahwa ini tidak adil dan menolak dengan tidak membayar Qualcomm.

Apple telah mengajukan beberapa tuntutan hukum terhadap Qualcomm atas uang yang telah dibayarnyakepadaQualcommApple mengatakan bahwa Qualcomm telah menggunakan "taktik eksklusif dan royalti yang berlebihan" untuk mencapai tujuannya. Qualcomm bulan lalu menyerang balik Apple dengan beberapa tuduhan balasan. Dan kini Qualcomm memintaagar ITC melarang impor iPhone.

Kejadian ini mirip dengan perseteruan antara Apple dengan Samsung pada 2013 silam. Dan larangan impor ITC yang waktu itu diberlakukan pada iPhone 3GS, Apple iPhone 4, Apple iPad, Apple iPad 2, dan Apple iPad 3 karena pelanggaran Apple atas beberapa paten Samsung, akhirnya membuat Presiden AS Obama pada waktu itu, menggunakan hak prerogatifnya sebagai presiden dan memveto keputusan itu. (*)

Sumber: Bloomberg via Phonearena