pulsa-logo

Lebih Dalam dengan Teknologi Selfie Expert OPPO F3


Hairuddin

Kamis, 04 Mei 2017 • 17:04

OPPO, F3, F3 Plus, Selfie, Group Selfie, Dual Camera,


Persaingan ponsel selfie di Indonesia semakin sengit dengan meluncurnya OPPO F3 di pasaran. Dibandingkan seri F3 Plus, OPPO melengkapi F3 dengan layar berdiagonal lebih ramping berukuran 5,5 inci. Menawarkan kenyamanan pengoperasian perangkat dengan satu tangan, OPPO menyajikan pilihan perangkat selfie yang paling pas untuk menjawab tren gaya hidup kaum urban dan generasi muda yang aktif berkomunikasi di lingkungan sosial media.

Dengan jargon “Satu untuk Selfie, Satu untuk Group Selfie”, OPPO F3 mendorong revolusi Selfie Expert ke tingkat yang lebih mutakhir. Kamera depan 8MP yang menggunakan lensa 6P dapat pengguna pakai untuk Group Selfie. Dilengkapi dengan sensor bersudut hingga dua kali lebih lebar dari kamera selfie lainnya yang beredar di pasaran, Anda dapat mengabadikan lebih banyak orang dalam satu bingkai foto yang sama.

Guna membantu pencahayaan, OPPO menyematkan pula fitur screen flash yang secara otomatis akan meningkatkan kecerahan layar yang sesuai dengan lingkungan sekitar pengguna pada saat pengambilan foto dilakukan. Pemotretan Group Selfie dengan jumlah orang yang lebih banyak juga dimungkinkan dengan dibenamkannya fitur Selfie Panorama yang akan menggabungkan tiga foto hasil pengambilan kamera ultra wide selfie 8MP dalam satu bingkai yang mulus.

Sementara untuk mengambil selfie, kamera depan lainnya yang menggunakan sensor sebesar 16 megapiksel dengan sensor 1/3 inci dan apperture f/2.0 sanggup menghasilkan gambar dengan tingkat dynamic range yang tinggi, noise yang minim serta tingkat kedalaman yang memuaskan mata. Dukungan software gambar yang canggih seperti Beautify 4.0 memungkinkan produksi foto dengan kontur wajah yang jelas yang menyuguhkan tone, shadow dan light yang cukup berimbang.

Dukungan kamera belakang 13 megapiksel dengan sensor 1/3 inci yang disematkan membuat kualitas foto yang dihasilkan menjadi lebih tajam baik dari segi kontras maupun kedalaman detail gambar yang disuguhkannya. Teknologi PDAF yang dijejalkan juga siap menghadirkan fokus kamera yang lebih cepat terutama saat digunakan untuk membidik objek yang bergerak. Mode pakar yang ditanamkan juga memberikan kebebasan kepada pengguna untuk melakukan penyesuaian pengaturan kamera secara manual yang meliputi kecepatan rana, fokus, white balance dan ISO.

Fitur Ultra-HD yang ditambahkan juga memungkinkan kamera F3 untuk mengambil empat gambar secara beruntun serta menggabungkan bagian terbaiknya menjadi sebuah kesatuan foto dengan resolusi maksimal hingga sebesar 50MP. Agar gambar yang dihasilkan tidak buram, fitur Anti-Shake 2.0 turut berkontribusi dalam mengurangi efek guncangan yang timbul saat mengambil gambar menggunakan tangan.


Bukan sekadar kamera yang canggih, OPPO F3 juga dianugerahi dengan sederet keunggulan di sisi platform software yang digunakannya. ColorOS 3.0 milik sang perangkat datang dengan desain antarmuka yang sederhana lengkap dengan tampilan anyar yang lebih rapi dan menyegarkan pandangan. Kecepatan OS yang ditawarkan meningkat hingga sebesar 25 persen bila dibandingkan pendahulunya ColorOS 2.0. Kecepatan loading halaman utama atau home screen perangkat melonjak hingga 35 persen dengan tingkat kecepatan instalasi aplikasi meningkat hingga sebesar 41 persen dari versi sebelumnya ColorOS 2.0.

Agar konsumsi daya dapat berjalan lebih efisien, ColorOS 3.0 secara otomatis akan mengelola aplikasi pada latar belakang untuk memastikan penghematan baterai dapat berjalan dengan lebih baik. Peningkatan dari segi keamanan juga ikut diperhatikan dengan dukungan pemindaian anti virus dari Avast yang akan memberikan perlindungan keamanan terdepan di industri. Perlindungan privasi juga turut diberikan agar pengguna dapat menjadikan kontak, aplikasi atau file yang tersimpan dalam perangkat bersifat private.

Filter cahaya biru yang disematkan juga siap melindungi kesehatan mata Anda saat harus menatap layar dalam jangka waktu yang cukup panjang. Fitur Clone App yang terdapat pada ColorOS 3.0 juga dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk membuat dua akun sosial media dan instant messaging yang terpisah untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Sedangkan long screen capture yang dijejalkan dapat digunakan untuk menyimpan riwayat obrolan atau artikel yang cukup panjang.

Adapun rincian spesifikasi yang lebih lengkap dari OPPO F3 dapat pengguna ketahui dengan menyimak keterangan tertulis yang PULSA dapatkan dari OPPO Indonesia sebagai berikut:

Spesifikasi OPPO F3:

Dimensions/Weight

Height153.3mm

Width                  75.2 mm

Thickness          7.3mm

Weight                About 153g (With Battery)

 

Basic Parameters

Color                                    Gold, Black, Rose Gold (Optional)

Operating System       ColorOS 3.0, based on Android 6.0

Processor                         MT6750T (Octa-core 1.5GHz)

GPU                                      MaliT86-MP2

RAM                                     4 GB

Storage                              64 GB (Support microSD card up to128GB)

Battery                               3200mAh(typical Value) (unremovable)

Charger                              5V 2A

 

Display

Size                                       5.5 inches

Type                                     In-Cell, IPS TFT

Resolution                       FHD (1920 by 1080 pixels)

PPI                                         401

Maximo Brightness500 nit (typical)

Touch Panel/ Type        2.5D, Corning® Gorilla® Glass 5

 

Camera

Rear Camera                   13-megapixel, Dual PDAF

RearAperture                 F2.2

Front Camera                 16-megapixel

Front Camera (Wide-angle)8-megapixel, ultra-wide angle

Rear Flash                                         LED Flash

 

Connectivity

SIM Card Type                 Dual nano-SIM, 4G

GPS                                                       Supported

Bluetooth                                         4.0

Wi-Fi                                                     802.11 a/b/g/n, 2.4GHz, 5GHz

NFC                                                       No

OTG                                                      Supported

Sensors Distance                         Sensor, Light Sensor, G-sensor, E-compass